146 Siswa SMK Siap Melaksanakan Prakerin

146 Siswa SMK Siap Melaksanakan Prakerin

1586
0
BERBAGI

LAMPUNGUTARA, Lensalampung.com – ‎Sebagai bekal pengetahuan pada lapangan kerja sungguhan, 146 siswa ‎pelajar kelas XI‎ Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Dinamika Prokimal Kotabumi Lampung Utara (Lampura), akan melaksanakan Praktek Kerja Industri (Prakerin), selama 2 bulan kedepan.

‎Diuraikan Kepala SMK Dinamika Prokimal Kotabumi Anang Mujiatmoko S.Pd, senin (6/3/2017)‎ pagi, kegiatan Prakerin sendiri selalu diadakan setiap tahunnya untuk siswa kelas XI. Di tahun 2017 ini,146 siswa akan melaksanakan praktek mulai 6 Maret 2017 hingga 6 Mei 2017 mendatang. Dan terbagi kedalam 63 perusahaan dan bengkel. Baik perusahaan dan bengkel motor atau mobil yang ada di Lampura, Provinsi Lampung bahkan hingga ke Jakarta dan Tanggerang.

“Tujuan Prakerin ini agar siswa bisa menerapkan kompetensi yang sudah diterapkan di sekolah. Sehingga bisa dipraktekan di lapangan pekerjaan, karena sedikit banyak teori yang diterapkan di sekolah sama yang ada di tempat prakter. Tetapi jika para siswa mendapat ilmu baru tentang otomotif bisa diterapkan di sekolah setelah kembali dari Prakerin,” ujar Anang Mujiatmoko.

Masih jelas Anang, SMK Dinamika Prokimal sendiri berdiri sejak tahun 1997 dengan memiliki dua jurusan yakni tekhnik mobil dan tekhnik sepeda motor.‎ Dari tahun ke tahun jumlah siswa di SMK Dinamika semakin bertambah dan sudah banyak lulusan dari sekolah setempat yang langsung bekerja dan membuka bengkel sendiri.

“Tentunya ini merupakan kebanggaan untuk sekolah kami.
Meski kami sekolah swasta, tetapi untuk prestasi kami pernah mendapat juara I lomba kompetensi siswa dibidang tekhnik motor. Bahkan kami juga pernah mendapat juara-juara dibidang olahraga,” kata Anang.

Untuk tempat Prakerin sendiri lanjut Anang, yakni melalui sistem kerja sama antar sekolah bersama pihak perusahaan dan pihak bengkel. Sebelum menempatkan anak-anak pihak sekolah melakukan pendataan terlebih dahulu, dengan cara mengajukan surat permohonan, setelah di setujui baru anak-anak bisa Prakerin ditempat tersebut.

Dan untuk tempat prakerin tersebut diantaranya yakni PT.Lautan Teduh Interniaga(Yamaha), Bandarjaya motor, Bambu kuning motor, PT.Budi Acid(BW), PT. Lautan Berlian(Mitshubishi), PTPN 7, Auto Servis Mobil, Agung Karya Las, Alfa Motor, Anugrah Motor dan puluhan tempat lainnya.

“Kalau untuk jurusan tekhnik motor kita memang sudah resmi bekerjasama dengan Yamaha. Tak hanya itu saja, jika pihak perusahaan melihat kinerja siswa kita bagus maka mereka akan ditarik untuk kerja di perusahaan tersebut. Sepertihalnya di United Tractor, ada beberapa siswa kita yang sudah bekerja di sana,”tuturnya.

Anang juga berpesan agar para siswa secepat mungkin bisa belajar di tempat mereka Prakerin. Kemudian mematuhi aturan yang ada di perusahaan maupun bengkel tempat mereka praktek.

Karena nanti setelah mereka selesai praktek, pihak sekolah akan mengasah kemampuan para siswa untuk mengetahui ilmu apa saja yang sudah didapat selama praktek.” Ingat patuhilah peraturan yang sudah ada, jaga nama baik sekolah. Belajar dengan baik dan timbalah ilmu di tempat praktek sebanyak mungkin,”pesannya.

Tampak hadir dalam pelepasan ratusan siswa itu yakni Pembina Yayasan SMK Dinamika Prokimal Mujito dan Ketua Yayasan H. Suarno S.Pd. (Beben)

TIDAK ADA KOMENTAR