Hari Pertama Pendaftaran, Petahana Handoyo Serahkan Berkas ke KPU

Hari Pertama Pendaftaran, Petahana Handoyo Serahkan Berkas ke KPU

797
0
BERBAGI
Jpeg

MENGGALA, Lensalampung.com – Pasangan petahana Bupati dan Wakil Bupati Tulangbawang, Ir.Hanan A Razak.MS dan Heri Wardoyo secara resmi mendaftarkan diri ke Komisi Pemilihan Umum Daerah KPUD Tulangbawang. Rabu (21/9)

Pendaftaran Hanan A Razak.MS dan Heri Wardoyo (Handoyo) untuk berlaga pada Pilkada tahun 2017 itu diiringi ratusan simpatisan, dan masing-masing Parpol pendukung. Hadir pada kesempatan tersebut, Ketua KPU Tulangbawang Reka Punnata, Ketua Bawaslu Lampung Fatikhatul Khoiriyah, serta Ketua Panwaslu Tulang Bawang Komi Pelda.

Bakal Calon (Balon) Bupati Tulangbawang Hanan A Razak. mengatakan, kedatangan dirinya dan Heri Wardoyo ke KPUD Tulangbawang, untuk mendaftarkan diri menjadi Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati setempat.

“Alhamdulillah lengkap, semua persyaratan terkait pendaftaran sebagai Calon Bupati dan Wakil Bupati Tulangbawang masa jabatan periode 2017- 2002 pasangan Ir. Hanan A Razak dan Heri Wardoyo dinyatakan lengkap oleh KPU Tulang Bawang, Bawaslu Lampung, dan Panwaslu Tulangbawang, termasuk Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN)¬† juga sudah selesai, kecuali daftar riwayat hidup yang nantinya akan menyusul”. Jelas Hanan usai melakukan pendaftaran di KPUD setempat.

Ditempat yang sama, Ketua KPUD Tulangbawang Reka Punnata menuturkan, tanggal 21 september 2016 merupakan proses hari pertama pendaftaran Balon Bupati dan Wakil Bupati Tulangbawang.” Dan pertama kali melakukan pendaftaran yakni pasangan bapak Hanan A Razak – Heri Wardoyo yang dihantarakan ratusan simpatisan, serta masing-masing partai pengusung. Sebagaimana kita ketahui dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) No. 9 Tahun 2016, bahwa pendukung pasangan calon dari partai politik harus dihadiri Ketua dan Sekretaris”. Ujarnya

Dia menegaskan, pembukaan pendaftaran Balon Bupati dan Wakil Bupati pada hari itu hanya sebatas pencalonan, sebab pasangan tersebut belum ditetapkan menjadi Calon.” Kita verifikasi terlebih dahulu, yang utama kita verifikasi dan lakukan penelitian adalah rekomendasi dari masing-masing partai pengusung. Nantinya setelah diverifikasi ternyata memenuhi syarat, maka pasangan Hanan A Razak.MS – Heri Wardoyo yang telah mendaftarkan diri pada hari ini, bisa kita tetapkan menjadi Calon,” Ucapnya

Mirisnya, dalam pendaftaran Balon Bupati dan Wakil Bupati Tulangbawang yang digelar KPUD daerah tersebut, Pasangan Hanan A Razak.MS – Heri Wardoyo mengklaim telah melengkapi seluruh persyaratan pendaftaran, kecuali daftar riwayat hidup.

Namun anggota Komisioner KPUD Tulangbawang Hernantori, mengakui bahwa berkas persyaratan dari LHKPN untuk pasangan Hanan A Razak dan Heri Wardoyo diwaktu melakukan pendaftaran, terdapat kekurangan yakni Hard Copy LHKPN.

” Untuk persyaratan LHKPN itu dikeluarkan dari Pusat atau KPK, dan berkas persyaratan LHKPN dari pasangan ini cuma Soft Copy, nggak banyak sih yang kurang, hanya Hard Copy nya saja. Tetapi kalau ada kekurangan nantinya akan dilengkapi lagi, sebab persyaratannya harus melampirkan Soft Copy dan Hard Copy. Selanjutnya kalau tidak dilengkapi persyaratan itu, maka dia tidak bisa”. Terangnya

Berbeda dengan Hernantori, anggota Komisioner KPUD Tulangbawang Rudi Antoni, menyebutkan bahwa berkas persyaratan LHKPN untuk pasangan Hanan A Razak.MS – Heri Wardoyo, sedang dalam proses.

“Dengan adanya transaksi pun, artinya sudah ada komunikasi dengan¬† Komisi Pemberantasan Korupsi Berarti mereka sudah siap memberikan laporannya, dan tadi sudah ditunjukan bukti bahwa mereka sudah ada komunikasi dengan KPK, Panwas juga sudah melihat bahwa mereka sudah ada proses transaksi dokumen-dokumen yang akan diserahkan, dan itu masih dalam proses”. Jelasnya

Selanjutnya, Rudi Antoni juga mengakui bahwa kurang lengkapnya berkas syarat pendaftaran dari pasangan Hanan A Razak – Heri Wardoyo.

“Untuk persyaratannya belum lengkap, tadi sudah diutarakan oleh Ketua bahwa ada B 2 KWK yang memang belum diserahkan yakni tentang riwayat hidup. Dan sebelum tanggal 23 september harus sudah diserahkan, tetapi kalau sampai tanggal 23 september belum dilengkapi nantinya ada masa perbaikan, namun jika pada tanggal 1 oktober 2016 – 3 oktober 2016 (Masa Perbaikan) tidak ada melengkapi berkas, maka dia TMS (Tidak Memenuhi Syarat)”. Terangnya

Diketahui, pasangan Hanan A Razak – Heri Wardoyo mendapat dukungan 8 Partai Politik, diantaranya Yaitu Partai Golkar, Nasdem, Demokrat, Gerindra, PKS, PPP, PKB, dan Hanura. Pada pendaftaran tersebut, seluruh perwakilan dari 8 Partai ini hadir untuk mendampingi pasangan Hanan A Razak.MS – Heri Wardoyo ketika melakukan pendaftaran ke KPUD Tulangbawang. (Drs)

TIDAK ADA KOMENTAR