APDESI Way Kanan Sebut Audit APIP Merupakan Permintaan

APDESI Way Kanan Sebut Audit APIP Merupakan Permintaan

33
0
BERBAGI

Way Kanan, Lensalampung.com – Ketua Asosiasi Perangka Desa Indonesia (APDESI) tingkat Kabupaten Way Kanan Hevan, mengaku bahwa pemeriksaan audit APIP bukan menjadi momok kepala kampung yang ketahuan adanya kesalahan atau pelanggaran dalam capaian realisasi program kerja setiap tahunnya, Audit APIP justru menjadi pihak yang dibutuhkan kepala kampung beberapa tahun ini di daerah Way Kanan.

Bahkan, Audit APIP diwajibkan melakukan pemeriksaan dana desa seluruh kampung memang dinilai sebagai pihak yang mampu menerangkan evaluasi dari semua kegaitan dana desa yang lahir dari inovasi perangkat desa apakah sudah sesuai aturan atau malah pelanggaran.

Tanpa adanya pemeriksaan ini justru kepala kampung yang berlatar belakang bukan orang pemerintahan asli kesulitan mengingbangi kemajuan kampung tetangga dalam mengelola kampung yang notabenya merupakan kepala kampung senior yang memang menguasai pengelolaan kebijakan dana desa untuk kegiatan yang baru sebagai eksperimen menemukan cara menimalisir anggaran pada satu jenis pembangunan infrastruktur sehingga kampung lebih banyak membangunkan kegiatan dari total anggaran yang dikelola setiap tahunya.

“Akibatnya Yang terjadi memang pembangunanya tidak tahan lama baru hitungan bulan pembangunan sudah mengalami kerusakan karena memang jenis kegaitannya dibuat berbeda dari jenis kegiatan pada umumnya yang menguras banyak anggaran. Dan inilah yang banyak menjadi temua APIP dilapangan sehingga kampung yang bermasalah ini sudah memperbaiki kegaitanya hingga pelaksanaan pembangunan dana desa 2019 bisa segera dilakukan,”papar Hevan, Selasa (14/5/2019) malam.

Hevan menambahkan, disamping hal ini, tentu seluruh kepala kampung mematuhi proses penaganan persoalan masalah desa yang ditangani Bupati Way Kanan Raden Adipati Surya hingga akan ada kepala kampung yang harus dipenjara kedepan.

“Semua nya kami ambil pelajaran saja, jadi kami yang tidak terindikasi masala dalam pengelolaan dana desa 2019 ekstra hati hati dan bila perlu meminta APIP mengawasi langsung kegiatan yang akan dilaksanakan sesuai aturan atau tidak. Hingga pada pemeriksaan akhir tahun mendatang kami tidak kedapatan masalah,”pungkasnya. (Indro)

TIDAK ADA KOMENTAR