Diskses Tuba Kejar Target Akreditasi Puskesmas

Diskses Tuba Kejar Target Akreditasi Puskesmas

940
0
BERBAGI

Tulang Bawang, Lensalampung.com – Guna memenuhi target Kementerian Kesehatan RI agar Puskesmas di seluruh Indonesia sudah harus terakreditasi tahun 2019, Pemerintah Kabupaten Tulang Bawang melalui Dinas Kesehatan secara bertahap akan mengupayakan akreditasi puskesmas di Tulangbawang.

Tiga puskesmas yang saat ini sedang diusulkan untuk mendapatkan akreditasi, antara lain Puskesmas Tulangbawang I Kecamatan Banjar Agung, Puskesmas Penawar Jaya Kecamatan Banjar Margo, dan Puskesmas Paduan Rajawali Kecamatan Meraksa Aji.

Merujuk pada Permenkes Nomor 46 Tahun 2015, akreditasi terhadap Puskesmas, Klinik Pratama, Tempat Praktik mandiri dokter dan tempat praktik mandiri dokter Gigi, adalah pengakuan yang diberikan oleh lembaga independen penyelenggara Akreditasi yang ditetapkan oleh Menteri Kesehatan setelah memenuhi standar Akreditasi.

Untuk mengejar akreditasi Puskesmas, Dinas Kesehatan Kabupaten Tulangbawang telah membentuk tim pendamping puskesmas yang mengajukan akreditasi, yang terdiri dari kelompok kerja administrasi, kelompok kerja usaha kesehatan masyarakat (UKM), dan kelompok kerja usaha kesehatan perseorangan.

“Dinas Kesehatan Tulangbawang berkomitmen akan terus meningkatkan mutu pelayanan, baik melalui kader posyandu, Puskesmas Pembantu (Pustu) dan melalui Puskesmas. Karena peningkatan mutu pelayanan kesehatan adalah harapan kita semua,”kata Kepala Dinas Kesehatan Tulang Bawang dr. Herry Novrizal saat Rakor Kesehatan di Tulangbawang beberapa waktu lalu.

Kabupaten Tulangbawang saat ini memiliki 18 Puskesmas, yang terdiri dari 6 unit puskesmas rawat inap dan 12 unit puskesmas non rawat inap.

Kementerian Kesehatan mewajibkan akreditasi puskesmas hingga tahun 2019, karena hal ini sangat diperlukan diantaranya untuk meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, maupun juga berkaitan dengan pelayanan BPJS dan menghadapi era Masyarakat Ekonomi Asean (Red)

TIDAK ADA KOMENTAR