Ini Rekam Jejak dan Biografi Darsani sang Caleg NasDem

Ini Rekam Jejak dan Biografi Darsani sang Caleg NasDem

363
0
BERBAGI

TULANGBAWANG, Lensalampung.com – Darsani (30) Sarjana pendidikan, Caleg DPRD Tulang Bawang asal partai NasDem nomor urut 2 Dapil 7 ini, tokoh pemuda ini tentunya bukan sosok yang asing lagi bagi kita. Khususnya bagi masyarakat di  Kecamatan Gedung Aji, Meraksa Aji, Penawar Aji dan Rawa Pitu, selain karena kesederhanaan dan keramah tamahannya ia dikenal suka membantu sesama dan sangat merakyat.

Siapa yang menyangka, putra kedua dari Bapak Syamsul ahmad dan Ibu Emmawati akip, Anak muda kelahiran  Kampung Penawar Kec. Gedung Aji yang dibesarkan dan sekolah di Kampung Padua Rajawali, Kec. Meraksa Aji pada tahun 26 Desember 1987 lalu adalah anak sang anak petani yang juga merangkap sebagai nelayan itu, telah menduduki beberapa kedudukan penting diberbagai organisasi dan perusahaan.

Dia mengungkapkan, Adapun beberapa amanah yang ia emban saat ini diantaranya yakni, sebagai Direktur utama PT. Penawar Rajawali Lampung (PRL) perusahaan yang bergerak dibidang penerbitan media, sekaligus pimpinan umum/redaksi media online Lensalampung.com, sebuah media yang telah memberikan peluang bekerja dan berkarir bagi puluhan wartawan/wartawati di Provinsi Lampung.

“Alhamdulillah untuk saat ini, saya sudah memimpin diperusahaan yang saya rintis sendiri dengan dibantu teman-teman, yang terpenting bagi saya adalah memberikan manfaat untuk orang banyak”ungkap alumni FKIP UMPTB itu, Senin (18/02) kemarin.IMG-20190111-WA0015

Dia menambahkan dirinya mendapat amanah, sebagai Ketua bidang organisasi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Tulang Bawang yang membawahi lebih dari 100 anggota wartawan di Kabupaten berjuluk sai bumi nengah nyappur itu, untuk di partai. Mengembangkan SDM wartawan agar selalu profesional dan membesarkan orginasasi merupakan salah satu tanggung jawabnya.

 “Saya aktif lebih dari lima organisasi. Tapi hampir keseluruhan organisasi yang saya ikuti adalah organisasi kepemudaan dan kemasyarakat, semua rata-rata tidak ada uangnya. Meski demikian berorganisasi memang bukan tujuan saya untuk mendapatkan sesuatu, selain sebagai tameng untuk membantu yang membutuhkan bantuan, saya juga menginginkan punya banyak teman dari berbagai suku dan agama,”imbuhnya.

Adapun berbagai oraganisasi masyarakat, yang dia dilibatkan dibeberapa oraganisasi besar diantaranya yakni sebagai, Pengurus di Kabupaten Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI), Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI), Pemuda Pancasila (PP), Pembela Kesatuan Masyarakat (PEKAT) dan masih banyak lagi organisasi yang ikuti oleh pria beradarah Lampung yang ahli berbahasa jawa dan mempunyai banyak orang tua angkat.

Dirinya juga mengemban amanah yang cukup penting yakni sebagai Wakil Ketua DPD Partai NasDem Bidang Humas dan Media di Kabupaten Tulang Bawang. Sederet posisi yang ia duduki tidak sedikitpun membuat Darsani menyombongkan diri, membahas tentang politik. Disamping panggilan jiwa dorongan partai dan permintaan sebagian masyarakat sekitar wilayahnya lah yang menjadi alasan Darsani mecalonkan diri sebagai Caleg Kabupaten Tulang bawang.

“Jujur, saya sangat terpanggil untuk mengawal kemajuan daerah, saya ingin ada perubahan, saya sangat prihati terhadap daerah saya tercinta. Sesuai dengan nawacita Partai NasDem yakni gerakan perubahan, kalau bukan kita siapa lagi. Kalau bukan kita siapa lagi,”tegasnya.

Ditanya terkait jargonnya ‘Siap Mengabdi dan Melayani Rakyat’ dirinya menjelaskan kelak terpilih menjadi Anggota DPRD Tulang Bawang. dirinya akan mengabdikan diri sepenuhnya untuk masyarakat yang telah memberinya kepercayaan, ia berjanji akan melaksakan sesuai tupoksinya sebagai wakil rakyat dengan memprioritaskan mengajukan pembangunan didaerahnya dan mengawal berbagai program yang menguntungkan masyarakat.

SUKA DUKA KEHIDUPAN

Suami dari Mirnawati (23) ini ingat betul bahwa ia terlahir didesa dari orang kalangan orang kurang berada (dibawah garis kemiskinan saat itu, red) dirinya pun sadar diri bahwa ia memulai kariernya dari nol dan segudang kisah mengharukan.

Orang tua Darsani mengisahkan, diwaktu bayi Darsani diayunkan dibawah pohon besar. Sedangkan kedua orang tuanya menggarap lahan yang hendak ditanami padi, seiring berjalannya waktu beberapa belas tahuin kemudian, Ia tumbuh sebagai sosok yang berbhakti kepada orang tua.

Meski baru berusia belasan tahun namun ia sudah banyak pekerjaan takaran orang dewasa yakni turut menemani orang tuanya untuk mencari ikan bahkan hingga malam hari, meski bertubuh kecil namun tenaganya lumayan cukup kuat, perannya dalam membantu orang tua yakni turut mendayung dengan dayung yang sesuai badannya.

Untuk menempuh berbagai pendidikan dia harus berjuang keras sejak di bangku Sekolah Dasar (SD) guna membayar biaya sekolah. Pada saat itu sekolah belum gratis seperti sekarang ini telah ada program Bantuan Operasional Sekolah (BOS), sejak kelas empat. Darsani tidak pernah malu dalam membantu orang tuanya dengan berjualan Ikan keliling Kampung hasil tangkapan orang tuanya.

“Dulu, Selain berdagang ikan, saya juga berdagang dedak (pakan ayam).Dari hasil berjualan saya sesekali mendapkan fee (komisi) dari orang tua saya ala kadarnya, itupun bukan untuk Jajan, melainkan untuk membeli pena dan buku,”kenangnya.

Dia menambahkan, jika tidak ada ikan dan dedak yang dapat dijual. Dirinya dan adik lelakinya, Amir. Mencari keong emas dirawa-rawa saat banjir tiba, berbekal serok kecil yang diberi gagang, perahu dan obor bambu keduanya mencari keong dimalam hari untuk dijual sebagai pakan bebek pesanan warga atau umpan pancing pesanan nelayan.

“Kalau pengalaman pahit zaman kecil saya dulu jangan ditanya, banyak sekali. Semuanya sangat menyedihkan, teman-teman dan guru-guru saya banyak yang tahu, saya juga pernah menebang kayu gelam ukuran kayu usuk dan balok dimasa SMP. Bahkam jempol kaki saya nyaris putus terkena bacokan golok saya sendiri ditengah hutan, itu saya lakukan demi biaya sekolah dan membantu perekonomian keluarga saya”ungkapnya.IMG_20190323_221528

BIOGRAFI

Nama                    : DARSANI, S.Pd

Ttl                         : Penawar, 26 Desember 1987

Agama                  : Islam

Alamat                 : Paduan Rajawali Kec. Meraksa Aji, Kab. Tulang Bawang.

No. Tlp                : 085269566110

Ayah                    : Syamsul.

Ibu                        : Emmawati.

Istri                      : Mirnawati, S.Pd

Kakak                  : Akuan Januar, S.Pd.I

Adik Laki             : Amirhanto (Staf. Kecamatan Meraksa Aji)

Adik Perempuan  : Eni Saputri (Staf Panwascam Meraksa Aji)

Saudara Angkat ;

  1. Gusmantori, S.Pd                    (Staf Badan Kepegawaian Daerah)
  2. Ari Irawan                              (Wartawan Harian Kupas Tuntas)
  3. Arek Adhitya                    (Owner media Lampungtoday.com)
  4. Endra Zulkarnain, SH                    (Kabiro harian Tribun Lampung)
  5. Ami Ismed Balaw, S.Kom.,MM (Kabid ekonomi DPMPK Tuba)
  6. Herwansyah, SH                    (Anggota Satpol PP Tuba)
  7. Hasan Fuaydi, A.Md                    (Leader Paytren/Koord                                                                               Media Lensalampung.com)

Riwayat Pendidikan

  • SD Negeri 1 Paduan Rajawali.
  • SMP Negeri 1 Gedung Aji.
  • SMA Jasa Bhakti.
  • Universitas Megou Pak Tulang Bawang.

Riwayat Organisasi

  • Direktur Utama PT. Penawar Rajawali Lampung (PRL)
  • Pimpinan Umum/Redaksi Media online Lensa Lampung
  • Kepala Seksi Bidang Organisasi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Tulang Bawang.
  • Pengurus Pemuda Pancasila (PP) Tulang Bawang
  • Wakil sekretaris Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI)
  • Anggota Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) Tulang Bawang.
  • Wakil ketua DPD Partai NasDem Kabupaten Tulang Bawang bidang Humas dan Media.
  • Calon Legislatif DPRD Tulang Bawang dari Daerah pemilihan 7 Nomor urut 2, Partai NasDem.(Ist)

 

TIDAK ADA KOMENTAR