Kejari dan Polres Tuba Sosialisasi Paralegal Hukum

Kejari dan Polres Tuba Sosialisasi Paralegal Hukum

1137
0
BERBAGI

Tulang Bawang, Lensalampung.com – Kejaksaan Negeri (Kejari) dan Kepolisian resort (Polres) Tulangbawang menggelar acara Sosialisasi Paralegal Hukum. Acara dilaksanakan di Balai Kampung Gedung Bandar Rahayu, Kecamatan Gedung Meneng Kabupaten Tulang Bawang dan diikuti Kampung Se-Kecamatan gedung, Senin (15/08/2016)

Sosialisi dibuka oleh Camat Gedung Meneng Tarjono, SE hadir dalam kegiatan tersebut 55 orang peserta yang terdiri dari 5 orang perwakilan dari 11 Kampung se kecamatan Gedung Meneng. Hadir sebagai Narasumber Kapolres Tulang Bawang AKBP Agoes Wibowo, SIK yang diwakili Kasat Reskrim AKP. Efendi, SH, SIK.

Kajari Tulang Bawang yang diwakili oleh Kasi Intel Miryando Eka Putra Basri, SH, MH dan Kabid Pemerintahan Kampung BPMPK Kabupaten Tulang Bawang M. Ami Iswandi Ismed Balaw, S.Kom,MM mewakili Kepala BPMPK.

Dalam sambutannya Tarjono mengharapkan agar peserta dapat meyerap pengetahuan serta informasi yang disampaikan nara sumber dapat menerapkannya dalam pelaksanaan pembangunan di masing-masing kampung.

“Saya harapkan kegiatan ini dapat menambah wawasan para peserta khususnya dibidang hukum,”ungkapnya.
Sementara itu, dalam pemaparannya Kasat Reskrim AKP. Efendi, SH,SIK memberikan kiat-kiat agar aparatur kampung tidak tersandung masalah hukum diantaranya laksanakan Dana Desa sesuai dengan perencanaan serta juklak dan juknis yang berlaku.

“Pelajari Permendagri 113 Tahun 2014 tentang Keuangan Desa dan Permendagri 114 Tahun 2014 tentang Pedoman Pembangunan Desa, Kampung jangan takut untuk memasang papan informasi penggunaan Dana Desa di Balai Kampungnya karena memang merupakan amanah dari Undang-Undang Desa,”paparnya.

Ditempat yang sama, Kasi Intel Kejaksanaan Negeri Menggala Miryando Eka Putra Basri, SH,MH menghimbau kepada aparatur kampung agar jangan sungkan-sungkan untuk mengkonsultasikan hal-hal baik itu terkait teknis pelaksanaan dana desa ataupun terkait masalah hukum.

“Pak Kajari telah menyediakan Pos Pelayanan Informasi Publik di kantor kami. Kita telah sediakan ruangan khusus bagi kampung atau masyarakat yang ingin sharing dengan kami,”ungkap Miryando pejabat yang baru beberapa minggu dilantik sebagai Kasi Intel.

Dalam kesempatannya, dia kembali menghimbau masyarakat jangan takut untuk ke kantor kejari, ia menyebutkan mendatangi kejari belum tentu karena terkait persoalan hukum melainkan karena kejari membuka pos pelayanan tersebut.

Sementara itu Kabid Pemerintahan Kampung BPMPK Kabupaten Tulang Bawang, M. Ami Iswandi Ismed Balaw, S.Kom,MM menambahkan bahwa kampung di Tulang Bawang merasa bersyukur karena diperhatikan dan dibimbing oleh aparatur penegak hukum di wilayah Tulang Bawang.

“Kita merasa senang mempunyai Kapolres dan Kajari yang sangat memperhatikan Desa khususnya dalam pelaksanaan Dana Desa yang tentunya butuh bimbingan serta informasi terkait hukum dan perundangan-undangan yang berlaku,”tutur Ami

Dia menambahkan, jika Kasat dan kasi intel telah menghimbau seperti disampaikan, dia meminta pihak kampung untuk tidak bermain-main dengan dana desa, sebab mereka telah menghimbau dan memaparkan secara gamblang dan jelas kepada kita terkait apa yang harus dilakukan kampung agar tidak terjerat masalah hukum (rls)

TIDAK ADA KOMENTAR