KPUD Tulang Bawang Gelar Pawai Budaya, Simbol Dimulainya Pilkada

KPUD Tulang Bawang Gelar Pawai Budaya, Simbol Dimulainya Pilkada

859
0
BERBAGI
Ketua KPU RI (Pusat) Juri Ardiantoro, saat memberikan sambutannya. Dirinya secara resmi melounching pilkada yang bersih, adil dan jujur.

TULANGBAWANG, Lensalampung.com – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Tulangbawang menggelar pawai budaya, yang dipusatkan di lapangan kantor pemkab Tuba, Kamis 11 Agustus 2016. Kegiatan ini dalam rangka menyambut pemilihan kepala daerah (Pilkada) 15 Februari 2017 mendatang.

Kegiatan pawai budaya dan pilkada diikuti utusan dari 15 kecamatan yang terdiri dari unsur utusan SMA, utusan partai politik dan masyarakat. Kegiatan pawai budaya dan pilkada bertujuan untuk memberikan pendidikan politik dan sosialisasi pesta demokrasi yang digelar 15 Februari 2017.

Sekita 30 kendaraan roda empat yang telah dihiasi dengan berbagai corak dan warna-warni, menyedot perhatian masyarakat dan peserta pawai. Dari masing-masing utusan menyampaikan tulisan isi pesan Ayo Sukseskan Pilkada, Ayo Jangan Golput, dan Ayo Pilih Pemimpin yang Jujur dan Amanah.

Ketua KPUD Tulangbawang Reka Punnata mengatakan kegiatan pawai budaya dan pilkada, sebagai bentuk proses tahapan pesta demokrasi itu sudah dimulai. Hal itu ditandai dengan telah dibuka dan ditutupnya pendaftaran bacalon  bupati dan wakil bupati dari jalur perseorangan. Yaitu, pasangan Syarnubi-Solihah dan Ediyanto-Mulyono.

Dia menambahkan, pawai budaya dan pilkada melibatkan seluruh unsur masyarakat dan mengundang Komisioner DKKP Pusat, Komisioner Bawaslu, dan Komisioner KPU Pusat. Serta, petinggi-petinggi tetua adat Megou Pak Tulangbawang.

“Ini menjadi momentum untuk dimulainya proses pilkada. Tujuannya menyatukan visi pilkada aman dan damai,” kata Reka.

Lounching Pilkada Bersih

Ketua KPU RI (Pusat) Juri Ardiantoro secara resmi melounching pilkada yang adil dan jujur. Kegiatan itu dikemas dalam pawai budaya, Kamis 11 Agustus 2016.

Juri Ardiantoro merespon positif dan mengapresiasikan langkah KPUD Tulangbawang yang telah bergerak cepat melakukan sosialisasi pilkada. “Saya senang bisa hadir di Tulangbawang. Dan saya bangga dengan KPUD yang telah bergerak cepat,” kata dia.

Juri menambahkan, dalam menggapai pilkada yang adil dan jujur, aman, dan damai diperlukan peran aktif dan kerja sama seluruh pihak. Masing-masing lembaga dan instansi harus bersama sama menjalin komitmen untuk menciptakan pilkada aman dan damai.

“Seluruh pemangku kepentingan harus aktif menjaga dan menciptakan pilkada serentak yang adil dan jujur,” kata dia.

Kukuhkan Duta Pilkada

Sebanyak 30 siswa Duta Pilkada Tulangbawang, dari 15 sekolah yang ada di kabupaten itu secara resmi dilantik dan dikukuhkan Ketua KPU RI Juri Ardianto, di lapangan pemkab setempat, Kamis 11 Agustus 2016.

Anggota Duta Pilkada terdiri dari 15 perempuan dan 15 laki – laki, yang direkrut KPUD Tulangbawang. Masing-masing sekolah diambil satu pasang, perempuan dan laki -laki.

Komisioner KPUD Tulangbawang bagian sosialisasi dan pendidikan politik Hernantori menuturkan tujuan dibentuknya Duta Pilkada untuk berperan aktif dalam membantu mensukseskan Pemilukada 15 Februari 2016.

Mantan Ketua Panwaslu Tulangbawang ini menambahkan, nantinya Duta Pilkada yang telah dilantik akan melaksanakan tugasnya memberikan sosialisasi di lingkungan sekolah. Selain itu, lingkungan masyarakat tentang proses Pemilukada.

“Duta Pilkada ini akan mengajak kepada masyarakat dan para siswa sekolah untuk menggunakan hak pilih dalam Pilkada,” kata ayah dua anak itu.

Dosen Fakultas Hukum Universitas Mego Pak Tulangbawang itu menguraikan, Duta Pilkada dinilai bisa membantu dalam meningkatkan tingkat partisipasi masyarakat dan pelajar dalam menggunakan hak pilihnya.

“Mereka kami berikan tugas untuk mensosialisikan Pilkada. Sehingga, masyarakat tidak lupa kapan jadwal pelaksanaan Pilkada,” kata dia.

Antoni, anggota, mengaku senang dan bangga menjadi Duta Pilkada Tulangbawang. Menurutnya, tugas dan peran itu sangat membanggakan sebagai pengalaman dan sejarah hidup yang akan dikenang sepanjang masa. (Red/Net)

TIDAK ADA KOMENTAR