Lampung Masih Aman Soal Kartu  BPJS Palsu

Lampung Masih Aman Soal Kartu  BPJS Palsu

906
0
BERBAGI

BANDARLAMPUNG, Lensalampung.com – Plt Kepala Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Lampung, Ahmad Saleh David Faranto mengingatkan pihak Badan Penyelengara Jaminan Sosial (BPJS) di Lampung agar mengantisipasi beredarnya kartu BPJS palsu. Hal ini sebagaimana terjadi saat ini di daerah Padalarang, Kota Cimahi, Bandung Barat – Jawa Barat. 

Menurut David antisipasi yang perlu dilakukan pihak BPJS menempatkan petugas yang melayani dan profesional sehingga jika ada pihak pihak yang mencoba menggunakan kartu BPJS palsu dapat segera diketahui dengan tetap mencermati atau melampirkan kartu kepesertaan mereka.

Bila perlu ada alat Screening khusus kartu di semua tingkatan fasilitas kesehatan (faskes), sebab selain menghindari potensi kebocoran anggaran negara dan peserta saat klaim pembayaran ke BPJS, hal ini juga sebagai filter kartu peserta BPJS yang sudah kadaluarsa, jelas David.

David juga menghimbau agar BPJS meningkatkan pengawasan termasuk mensosialisasikan produk pelayanan dan call center pengaduan diberbagai tempat.

Lebih lanjut menurut David pihak BPJS tetap menjaga kualitas pelayanan yang baik sekalipun soal pengaduan yang diterima, karena mengelola pengaduan juga bagian dari pelayanan publik.‎

Sementara Kepala Unit Hukum Komunikasi Publik Kepatuhan BPJS Cabang Bandarlampung Mella Prihati mengatakan bahwa kartu BPJS palsu untuk di Lampung sendiri saat ini belum ada ditemukan kartu tersebut, jadi Lampung  aman dari peredaran kartu BPJS palsu, terus koordinasi dengan cabang BPJS Kabupaten/Kota (Ist)

“Kartu BPJS palsu bisa ketahuan kalau data anggota peserta BPJS yang ada rumah sakit sudah dicek melalui sistem kita , karena setiap pemilik kartu BPJS saat mengunakan pasti kita cek datanya masuk tidak di masterfile data kita, kalaupun nama itu tidak ada berarti kartu BPJSnya palsu,”Ujarnya saat dikonfirmasi, Selasa (26/7).

Menurut Mella membuat kartu BPJS palsu sangat gampang sebab fasilitas peralatan sekarang semakin cangih dan modern siapa saja bisa membuat kartu itu,tapikan data sistem kita bisa mengecek palsu atau tidaknya, walaupun kartu tersebut ada kemiripan. ungkapnya.(Ist)

TIDAK ADA KOMENTAR