Rencana Mudik, Perhatikan Rute dan Tarif Ini Baik – baik

Rencana Mudik, Perhatikan Rute dan Tarif Ini Baik – baik

118
0
BERBAGI

Bandarlampung, Lensalampung.com – Pihak pengelola Tol, akhirnya menetapkan tarif yang akan berlaku mulai 17 Mei 2019. Kepala Cabang Tol Bakauheni-Terbanggibesar, PT Hutama Karya (HK), Hanung Hanindito mengungkapkan, telah melaksanakan rapat yang dihadiri unsur terkait.

”Turut hadir pihak PT HK, Bank Indonesia, Himbara (Himpunan Bank Milik Negara), dan BCA serta Kementerian PU-Pera,” ujarnya seperti dikutip dari Rilislampung.id.

Dia menambahkan, Tarif yang akan diterapkan mengacu Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-Pera) Nomor 385/KPTS/M/2019. Keputusan itu tentang penetapan jenis golongan kendaraan bermotor dan besaran tarif JTTS Bakauheni-Terbanggibesar.

Adapun yang telah ditetapkan tarif dari Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan hingga Terbanggibesar, Lampung Tengah dengan panjang 140,452 kilometer (km) untuk kendaraan golongan I Rp112.500, golongan II dan III Rp168.500, serta golongan IV dan V sebesar Rp224.500.

Sementara hasil rapat itu menyepakati sebelas poin terkait pemberlakuan tarif JTSS pada mudik Lebaran.

  1. Ruas Bakauheni-Terbanggibesar mulai berbayar tanggal 17 Mei 2019.
  2. Sosialisasi tarif dilakukan PT HK melalui papan tarif pada setiap gerbang tol, flayer, medsos, dan radio.
  3. Pada masa arus mudik dan balik Lebaran 2019 akan ada tambahan gerbang tol sementara pada simpang susun Terbanggibesar (barrier gate), yang mengarah ke ruas Terbanggibesar-Pematangpanggang dan sebaliknya.
  4. Penjualan kartu UE mulai dijadwalkan kembali pada tanggal 16 Mei-16 Juni 2019 dengan harga penjualan kartu Rp25 ribu, saldo Rp0, dan menjadwalkan enam gerbang (Kotabaru, Natar, Tegineneng Timur, Gunungsugih, Terbanggibesar, barrier gateTerbanggibesar), yang berpotensi memiliki peminat pembeli lebih besar.
  5. Personel bank yang berjualan UE pada setiap gerbang agar tetap menggunakan atribut masing-masing bank dan dengan tambahan rompi reflektif G.
  6. Untuk gerbang tol yang tidak masuk ke dalam jadwal penjualan UE, dilakukan titip jual kartu UE (Bakauheni Selatan dan Utara, Kalianda, Sidomulyo, Lematang, Tegineneng Barat). Mekanisme titip jual akan disampaikan lebih lanjut.
  7. Top up pada gerbang tol di tangani oleh vendor top up HK.
  8. Ketersediaan kartu UE untuk BNI 10.000 kartu, serta BRI 10.000 kartu dan Mandiri 10.000 kartu (akan dikoordinasikan lebih lanjut).
  9. Rest Area yang akan disiapkan untuk arus mudik dan balik Lebaran 2019 terdapat di KM 33, KM 87, dan KM 116.
  10. BNI akan menyiapkan BLG (BNI Layanan Gerak) pada rest area KM 87 dan KM 116 selama masa arus mudik dan balik Lebaran 2019.
  11. BRI dan Mandiri akan berkoordinasi lebih lanjut untuk penempatan mobil layanan gerak di rest area. (rls/red)

TIDAK ADA KOMENTAR