Tingkatkan Indeks Penilaian SPBE, Diskominfo Lambar Rakor Bersama Diskominfo Provinsi

Tingkatkan Indeks Penilaian SPBE, Diskominfo Lambar Rakor Bersama Diskominfo Provinsi

213
0
BERBAGI

Lampung Barat, Lensalampung.com – Dalam meningkatkan indeks penilaian Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Kabupaten Lampung Barat Tahun 2022, Plt. Kepala Dinas (Kadis) Kominfo Lampung Barat Munandar S.Sos., MM., yang pada kesempatan itu didampingi Kepala Bidang (Kabid) Aplikasi Iskandar, SIP., M.T.I., serta Fungsional Manggala Informatika Dedi Firmansyah, S.Kom., melakukan koordinasi dan konsultasi dengan Dinas Kominfo Provinsi Lampung, Kamis (20/1/2022).

“Kita melakukan kordinasi ini dalam rangka untuk meningkatkan indeks penilaian SPBE Kabupaten Lampung Barat Tahun 2022,” ungkap Kadis Kominfo Lampung Barat Munandar.

“Dengan rencana pembuatan roadmap Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) di Kabupaten Lampung Barat,” sambungnya.

Dari hasil koordinasi dan konsultasi tersebut, Plt. Kepala Dinas Kominfo Lampung Barat Munandar S.Sos., MM., mengatakan berdasarkan rekomendasi dari Dr. Ir. Syopiansyah Jaya Putra, M.Sis, IPU, ASEAN.Eng selaku Staf Ahli Gubernur Lampung, Pemkab Lampung Barat diminta untuk melakukan peninjauan kembali terhadap perubahan peraturan Bupati Nomor: 40 Tahun 2020 tentang Penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik dengan mencantumkan arsitektur data dan informasi, arsitektur keamanan, peta rencana dan mengatur tentang siklus pembangunan aplikasi serta lainnya yang tercantum dalam Peraturan Presiden No. 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

Selain itu, ia juga mengatakan untuk meningkatkan kapabilitas SPBE di Kabupaten Lampung Barat perlu mendukung dan menerapkan Program Kartu Petani Berjaya.

“Program Kartu Petani Berjaya ini menghubungkan semua kepentingan pertanian dengan tujuan mencapai kesejahteraan petani dan semua pihak yang terlibat dalam proses pertanian,” terangnya.

Selanjutnya perlu didukung adanya penambahan jaringan intra dengan menghubungkan Perangkat Daerah pada satu jaringan di bawah kendali Dinas Komunikasi dan Informatika.

Kemudian adanya inovasi proses bisnis dalam tata kelola pemerintahan Kabupaten Lampung Barat yang dengan ini disusun dan dirumuskan Oleh Bagian Organisasi Kabupaten Lampung Barat.

“Kita juga perlu meningkatkan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) dengan mengikuti pelatihan-pelatihan Teknologi Informasi dan Komunikasi,” pungkas Munandar. (Bung Ta’lim)

TIDAK ADA KOMENTAR