Buka Pelatihan BUMDes, Bupati Harapkan Peserta Mampu Gali Potensi Desa

Lensa News194 views

Masuji,Lensalampung.Com-Bupati Mesuji H.Saply Th, membuka kegiatan Pembinaan dan Pelatihan pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), Cluster I, Selasa (8/9/2020).

Kegiatan yang se-berlangsung di gedung aula Desa Simpang Mesuji, Kecamatan Simpang Pematang itu digagas Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Mesuji.

“Dalam sambutannya Bupati menyebut pembangunan ekonomi harus dimulai dari desa dengan mengedepankan ekonomi masyarakat.
Sehingga keberadaan BUMDes ini harus menjadi pilar terdepan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat pedesaan”.

Untuk itu, Badan BUMDes yang tersebar di seluruh desa di Kabupaten Mesuji diharapkan mampu meningkatkan perekonomian masyarakat di tingkat pedesaan.

Caranya adalah dengan menumbuh kembangkan usaha sektor mikro seperti home industri, juga melalui pemanfaatan Sumber Daya Alam (SDA) menjadi komoditi unggulan milik desa.

“Menggali potensi desa dan mengolahnya menjadi produk usaha, BUMDes tentu dampaknya positif menggerakan perekonomian masyarakat dan meningkatkan kesejahteraana masyarakat desa,”imbuhnya.

Ditambahkan Kepala Dinas PMD Mesuji Sunardi bahwa, Pelatihan BUMDes diselenggarakan untuk meningkatkan kapasitas pengurus dalam rangka peningkatan perekonomian di desa masing masing.

Menurutnya pelatihan BUMDES ini di bagi tiga kloter dari tujuh Kecamatan se – Kabupaten Mesuji Lampung.Cloter ini ada tiga kecamatan, yakni, Kecamatan Simpang Pematang, Panca Jaya dan Kecamatan Wayserdang.

“Untuk menghindari kerumunan masa untuk memutus mata rantai Covid 19, sehingga kegiatan pelatihan BUMDes ini bagi tiga kloter. Kecamatan Tanjung Raya dan Mesuji di pusatkan dibalai desa gedung ram, dan Kecamatan Rawajitu Utara (RJU) dan Mesuji Timur dipusatkan dibalai Desa Tanjung Mas Rejo,”Tutupnya.(Ishar/Sandy)