Waduh! Proyek Box Culverd di Lambu Kibang ini Malah jadi Ajang Pungli

Lensa News183 views

Tubaba, Lensalampung.Com – Pembangunan (Rehab) Box Culverd Yang Tidak Diberikan Jembatan Sementara Yang Berada Di Ruas Jalan Provinsi Simpang Randu-Adijaya Tiyuh Kibang Budi Jaya,Kecamatan Lambu Kibang, Kabupaten Tubaba,Dikeluhkan Warga Yang Hendak Melintas.

Ditambah lagi jalan 3 tiyuh tersebut yang dijadikan jalur alternatif dijaga oleh sejumlah orang warga dengan meminta uang atau pungutan liar (Pungli). Menariknya,tindakan tersebut diluar sepertinya dilakukan pembiaran oleh aparat mengingat sekitar 2 kilometer dari lokasi pungli merupakan Markas Polisi Sektor (Mapolsek) Lambu Kibang.

“Kalau nggak salah jembatan (Box Culverd) ini mulai pembangunannya sekitar setengah bulan ini mas.Ya memang tidak ada jembatan sementara untuk mobil,hanya dibuatkan untuk motor lewat saja.”Kata warga sekitaran Box Culverd yang tidak bisa menyebutkan namanya itu.(17/10/2020) sore.

Warga ini menambahkan jika ada jalan alternatif untuk mobil di jalan 3 Tiyuh Kibang Budijaya.Akan tetapi,warga juga membenarkan adanya pungli dijalan 3 tersebut.”Itu sudah ada jalan alternatif untuk mobil mas.Iya (bayar) kayaknya mas,saya cuma pedagang sini jadi nggak tau persis.”Kata pedagang ini.

Sementara,Putra yang disebut Pengawas Lapangan Proyek Pembangunan Box Culverd tersebut enggan berkomentar.Ia mengarahkan agar wartawan minta statmen kepada kepala tukang.Ia mengelak jika jalur alternatif itu ada kegiatan pungli.”Sampean siapa,tanya saja sama pelaksananya aja,itu namanya Ruli.Itu udah ada jalan alternatifnya,nggak bayar.”Elaknya.

Ruli yang disebut pelaksana rupanya Kepala Tukang Bangunan Box Culverd tersebut.Ruli mengaku jika tidak ada jembatan sementara untuk mobil,yang ada hanya untuk motor.”Saya kepala tukang.Jalur alternatif itu pak sudah dialihkan,Ini untuk jembatan sementara.Ini karena nggak muat kalau untuk mobil, dipinggir ini kan sudah tanah orang.Saya kurang tau (Anggaran untuk jembatan sementara).Tanya sama pemborongnya pak agung di Bandar Lampung.”Tukas Ruli.

Sayangnya hingga berita ini dilansir, Agung pemilik proyek belum berhasil dimintai tanggapannya.Soal Pungli di jalan alternatif juga belum mendapatkan tanggapan dari pihak Kepolisian Polsek Lambu Kibang,Polres Tubaba.
(DD).