DLH Lampura Menguragi Tumpukan Sampah Di TPA Degan Sistem TPS3R

Lensa News113 views

Lampung Utara,Lensalampung.Com-Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Lampung Utara ajak masyarakat untuk dapat memanfaatkan sampah,dimulai dari rumah tangga. Hal itu ditujukan untuk mengurangi tumpukan pada Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah.

Kedepan, pihaknya akan lebih meningkatkan sampah dengan sistem Tempat Pembuangan Sampah Resue, Reduce dan Recycle (TPS3R) dengan pengertian Mengurangi, menggunakan dan daur ulang.

“Saat ini TPS 3R ada dua titik yakni di Kembang Tanjung dan dipasar Trimodadi, ini yang menjalani KSM (Kelompok Sosial Masyarakat) dan dibangun melalui anggaran DAK Pusat,Nanti kita akan kembangkan di wajah Kotabumi,” jelas Tomi Suciadi, Kepala Dinas DLH, dikantornya, selasa ( 20/10/2020).

TPS3R itu sendiri,lanjut Tomi,akan dipilah berbagai sampah seperti plastik dari berbagai jenis, kaca dan lainnya. Kemudian akan diupayakan untuk dimanfaatkan.

” TPS3R ini sama fungsinya dengan bak sampah, namun didalam TPS3R sampah yang ditampung akan dikelola ada bak sampah, ada ruangan untuk komposting, pemilahan plastik, dan kita upayakan ini bisa menjadi biji plastik yang bisa dimanfaatkan.” lanjutnya.

Ia menghimbau agar warga bisa mengelola sampah rumah tangga untuk dimanfaatkan kembali. Jika ada kelompok yang ingin mengelola pihaknya akan mendukung tentunya dengan koordinasi kepada pihak DLH.

“saat ini paradigma sampah itu bukan buang, gimana caranya itu dapat di manfaatkan oleh rumah tangga, kalau ada sisa yang dapat dimanfaatkan silahkan dimanfaatkan. Dengan mengurangi timbunan sampah dari rumah tangga mereka sudah membantu Pemerintah.” jelasnya, serta katakan, “berdasarkan penelitian perorang itu perorang bisa menghasilkan sampah 4kg, jadi sekarang kita akan upaya mengurangi hal itu.” tutupnya.(Ccp/Bbn)