Tambah Wawasan Tentang Kesehatan, Komisi III DPRD Lamsel Sambangi OKI

Lensa News97 views

LAMPUNG SELATAN, Lensalampung.com— Komisi III DPRD Lampung Selatan, melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) Luar Daerah dan mengunjungi Dinas Kesehatan Kabupaten Komering Ilir (Oki) Sumatera Selatan. Kamis (8/10/2020)

Dalam kunjunganya Anggota Komisi III DPRD Lampung Selatan dari Fraksi PKS, M. Akyas bersama Antonius Benny Raharjo dari Fraksi Golkar dan Eki Hirarki dari Fraksi Demokrat disambut baik oleh Sekdin Kesehatan Oki, linda Asmarini,SKM, Kepala Seksi (Kasi) Kesehatan Keluarga dan Giji Kabupaten Oki, Nike beserta staff di Ruang Kesehatan Ibu dan Anak (KIA).

Dalam Kesempatan tersebut Komisi III DPRD Lampung Selatan itu, mendengarkan pemaparan tentang
Program Revolusi KIA (Kesehatan Ibu dan Anak)

Menurut Nike Program KIA merupakan Program Inovatif dari Dinas Kesehatan Kabupaten Ogan Komering Ilir yang merupakan sebuah terobosan baru sekaligus upaya untuk menjawab masalah masih adanya kematian ibu dan bayi dan optimalisasi indikator pelayanan KIA dalam SPM di Kabupaten Ogan Komering Ilir.

Program yang telah berjalan sejak Januari 2020 ini memiliki sistem kerja yang mengutamakan komunikasi, dimana petugas dari Dinas Kesehatan akan melakukan pemantauan ibu hamil by name by addres setiap harinya.”Kata Nike dihadapan Anggota Komisi III DPRD Lampung Selatan itu.

Dijelaskan “Untuk ibu yang berisiko akan ditelpon langsung, sementara untuk ibu hamil yang tidak berisiko akan mendapatkan informasi edukasi seputar kehamilan melalui pesan singkat.

“Sebelum tafsiran persalinan ibu hamil akan dirujuk ke rumah singgah, sehingga ibu hamil dengan faktor risiko dapat secepatnya mendapat pertolongan persalinan.”terang Nike.

Dengan ini tentunya Dinas Kesehatan melalui seluruh Puskesmas semakin meningkatkan pelayanan kesehatan terutama pada ibu hamil dan ibu bersalin, diharapkan adanya program ini kematian ibu dan bayi zero kasus, sehingga otomatis meningkatnya usia harapan hidup Kabupaten Ogan Komering Ilir.”imbuhnya

Sementara itu salah satu anggota Komisi III DPRD Lampung Selatan, M.Akyas mengatakan jika Dinas Kesehatan Lampung Selatan, memiliki terobosan seperti Dinas Kesehatan Kabupaten Ogan Komering Ilir.

“Oleh karena itu kami Komisi III DPRD Lampung Selatan, akan meminta Dinas Kesehatan Lampung Selatan dapat mengadopsi Program tersebut untuk di terapkan di Lampung Selatan.”Kata politisi dari PKS itu.

“Dengan begitu tidak lagi terjadi adanya kematian akibat melahirkan khususnya bagi orang-orang dikalangan menengah kebawah, Karena Program tersebut sangat membantu para kaum Ibu-ibu yang sedang hamil terlebih ditengah pandemi Corona ini.”imbuhnya.

Diketahui Diakhir kunjunganya rombongan Komisi III DPRD Lampung Selatan, di ajak untuk melihat cara pengoprasian di ruang KIA. (Adi/HS)