Tertib Administrasi, DPMD Mesuji Lakukan Pembinaan kepada Sekertaris dan Operator Pemdes 

Lensa News92 views

Mesuji, Lensalampung.com – Pemerintah Kabupaten Mesuji, melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) kembali melaksanakan pembinaan penyusunan administrasi pemerintahan desa kepada sekretaris desa dan operator desa se-Kabupaten Mesuji.

Kegiatan terpusat di Kantor Balai Desa Mekar Jaya, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Mesuji, pada Rabu 23 Maret 2022.

Suryadi Kepala Bidang Pengembangan dan Administrasi Pemerintahan Desa DPMD Mesuji menjelaskan, pembinaan penyusunan administrasi pemerintahan desa penting dilaksanakan guna meningkatkan kinerja setiap aparatur desa.

Sehingga dengan adanya pembinaan ini, dapat meningkatkan tertib administrasi pemerintahan desa, mengidentifikasi dan memberikan solusi pemecahan masalah yang timbul dalam proses maupun penyelesaian adminstrasi pemerintahan desa.

Peraturan lebih lanjut tentang administrasi pemerintahan desa lanjut Suryadi di atur oleh peraturan menteri dalam negeri nomor 47 tahun 2016. Dimana administrasi pemerintahan desa meliputi Administrasi Umum, Administrasi Kependudukan, Administrasi Keuangan, Administrasi Pembangunan dan lainnya.

Karena masih dalam situasi pandemi Covid-19, Kegiatan pembinaan tersebut dilakukan bergilir ke setiap kecamatan yang ada di Mesuji. Dihari petama Selasa 22 Maret 2022 kegiatan pembinaan dilakukan untuk perangkat desa Kecamatan Simpang Pematang, dan Kecamatan Wayserdang yang terpusat di kantor kecamatan simpang pematang. Hari kedua Rabu 23 Maret 2022 di balai desa mekar jaya, pembinaan perangkat desa dari Kecamatan Tanjungraya, Pancajaya dan Kecamatan Mesuji. Sementara Kamis Besok giliran Kecamatan Mesuji Timur dan Rawajitu Utara, yang terpusat di Kecamatan Mesuji. (Ishar)