Peduli Masyarakat, Puskesmas Sidomulyo Door to door Tangani Pasien ODGJ

Lensa News89 views

Mesuji, Lensalampung.com – Pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) Desa Sidomulyo, Kecamatan Mesuji Menggelar Penyuluhan Door to door terhadap penderita orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) Rabu (13/4/22).

ODGJ adalah orang yang mengalami gangguan dalam pikiran, perilaku, dan perasaan yang termanifestasi dalam bentuk sekumpulan gejala dan/atau perubahan perilaku yang bermakna. Serta dapat menimbulkan penderitaan dan hambatan dalam menjalankan fungsi orang sebagai manusia.

Kepala Puskesmas (Kapus) Sidomulyo Dianawati Amd Keb menjelaskan, kami rutin melakukan penyuluhan terhadap pasien dengan rentang waktu tiga bulan sekali. Untuk pengobatan, kami memberikan sesuai dengan hasil diagnosa yang kami lakukan, mengingat ODGJ sendiri terbagi menjadi 7 (Cluster) gejala dan masing-masing mempunyai cara tersendiri untuk menanganinya

“Sejauh ini kami menangani 8 pasien penderita ODGJ, yang tersebar di wilayah kerja Puskesmas. Alhamdulillah, 2 diantaranya sudah mulai ada perubahan, setelah kami rutin memberikan penyuluhan dan juga pengobatan,” Ujarnya

Selain itu, kami juga memberikan tali asih berupa sembako bagi penderita ODGJ, harapan kami, dengan sedikit bantuan ini dapat meringankan beban keluarga dan juga untuk meningkatkan hubungan emosional kami dengan pihak keluarga. Tutupnya. (Ishar)