Distanak Cek Kesehatan Hewan, Ini Hasilnya

Lampung Utara,Lensalampung.com – Hari raya Idul Adha atau biasa di kenal sebagai hari Qurban, merupakan momen yang tepat bagi umat muslim yang ingin berqurban.Tentunya dengan cara menyembelih hewan ternak dengan kategori cukup umur, sehat, dan dinyatakan layak untuk di qurbankan.

Dan untuk memastikan hewan-hewan yang akan dikurbankan dalam keadaan sehat, Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Kabupaten Lampung Utara, melakukan pengecekan kesehatan hewan kurban dibeberapa kandang miliik petani hewan qurban.

Kepala Distanak Lampura Wahab didampingi Kabid Peternakan Yudhi Bachtiar menjelaskan, sesuai agenda Distanak menjelang hari raya Kurban, pihaknya melakukan pemeriksaan hewan-hewan seperti sapi, kerbau, kambing dan domba.
Dari hasil pemeriksaan kesehatan hewan di dua titik menjelang H-7 ini, hewan-hewan ternak yang diperiksa dalam keadaan sehat semua.

Bahkan dalam hal ini pihaknya langsung menerjukan dokter hewan dalam pemeriksaan dan melakukan penyemprotan Disenfektan di setiap kandang.

“Sesuai dengan fungsi Distanak nanti ada pemberian lebelisasi. Lebelisasi dimaksudkan untuk menandakan hewan-hewan ternak itu sudah cukup umur, dalam keadaan sehat dan layak untuk di konsumsi,”ujar Wahab saat turun langsung melihat kondisi ternak-ternak yang ada di kandang Peternak, Senin 4 Juli 2022.

Sejauh ini juga lanjut Wahab, seluruh peternak juga berkomitmen untuk menjaga kesehatan hewan dan kebersihan kandang.
Bahkan mereka juga tidak melakukan pengambilan hewan kurban dari luar, para peternak hanya membeli hewan dari lokal saja. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari terjadinya hal yang tidak diinginkan yakni hewannya terkena Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

Untuk ternak-ternak yang sudah diberikan lebel jika nanti tidak terjual saat hari raya kurban, hendaknya para peternak untuk dapat lapor ke Distanak. Nanti pihak Distanak akan melakukan Vaksinasi.
Mengingat saat ini pihaknya sedang menggalakkan Vaksinasi PMK. “Sejauh ini permintaan Masyarakat yang ingin berkurban sangat tinggi. Dari hasil kunjungan tadi mereka masih kekurangan pasokan sapi, kerbau hingga kambing. Mudah-mudahan sebelum hari H nanti semua sudah terpenuhi dan semua hewan kurban yang dikurbankan dalam keadaan sehat,”kata dia.

Ditempat yang sama Dokter Hewan Hajar Khoirun yang langsungĀ  melakukan pemeriksaan kesehatan hewan Qurban menyatakan, dari hasil pemeriksaan di dua tempat yakni tempat pertama di Wonogiri penjual Daging Pak Kuncung itu ada 40 ekor Sapinya dalam kondisi sehat semua dan sangat layak untuk dikurbankan serta di konsumsi Masyarakat.

Kemudian di tempat Pak Revan Sukajadi Bumi Raya ada 25 hewan juga siap dan layak untuk dikurbankan.Bahkwan kondisi kebersihan hewan dan kandang juga sangat terjaga.”Alhamdulilah setelah kita periksa kesehatannya bahkan mulutnya tadi semua dalam keadaan sehat. Segar-segar semua kondisinya nggak ada yang sakit, insyaallah untuk stok kebutuhan Hari Raya Kurban ini terpenuhi,”pungkasnya.(Ccp/Bbn)