Rehabilitasi Irigasi Sukses Tingkatkan Hasil Pertanian

Lensa News115 views

Mesuji, Lensalampung.com – Peningkatan infrastruktur pembangunan di bidang perairan di Kabupaten Mesuji dari tahun ke tahun terus ditingkatkan. Tahun 2022 ini, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Mesuji, melalui Bidang Sumber Daya Air kembali mendapat kucuran Dana Alokasi Khusus (DAK) sekitar Rp 5 Milyar.

Dana tersebut diperuntukan untuk dua kegiatan rehabilitasi jaringan irigasi berupa normalisasi dan pembangunan pintu air yang berada di Desa Sinarlaga, Kecamatan Tanjungraya sepanjang 9,4 km, dan di umbul benil Desa Margo Jadi, Kecamatan Mesuji Timur, sepanjang 9,6 km.

Demikian diungkap Kepala Bidang Sumberdaya Air pada Dinas PUPR Mesuji Apandi kepada media ini, Kamis 28 Juli 2022.

Dia menyebut Per tahun 2021 ini saja, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Mesuji, melalui Bidang Sumber Daya Air telah merampungkan 21 titik daerah irigasi yang sudah terbangun.

“Pembangunan tersebut tentunya berdampak positif bagi masyarakat. Terutama pada peningkatan produksi pertanian padi persawahan,” ujarnya.

Ia mengaku berdasarkan data dari Dinas Pertanian, dalam kurun dua tahun terakhir produksi gabah atau hasil panen padi mengalami peningkatan cukup signifikan.

“Terutama hasil panen padi pada persawahan diwilayah irigasi yang telah terbangun atau dinormalisasi rata rata hasil panen surplus dari target yang ditetapkan,” pungkasnya. (Ishar)