Tingkatkan Wawasan Tentang Jurnalistik, UMKO Hadirkan Pemateri dari PWI Lampura

Lensa News118 views

Lampung Utara, Lensalampung.com – Puluhan Mahasiswa dari Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial Universitas Muhammadiyah Kotabumi (UMKO), mengikuti kuliah umum seputar Jurnalistik dengan pemateri dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Lampung Utara, Kamis 13 Oktober 2022.

Jalannya kuliah diketahui berlangsung sekitar 90 menit, pemateri kuliah umum dari PWI Lampung Utara, Heri Maulana.SH, (Asisten Redaktur Radar Kotabumi) secara singkat, tepat dan sederhana, menjelaskan kepada para mahasiswa. Sejumlah mahasiswa yang mengikuti kuliah umum dapat menerima dan tak canggung untuk mempertanyakan seputar kegelisahan mereka pada dunia jurnalistik.

“Kuliah umum ini diadakan sebagai bagian dari kerja sama yang telah disepakati antara kami dengan PWI Lampung Utara,” jelas‎ Kepala Program Studi Ilmu Komunikasi, Lovia Evanne.

Masih kata Lovia, kuliah umum ini untuk meningkatkan wawasan para mahasiswa khusunya Program Studi Ilmu Komunikasi terhadap jurnalistik. Dengan bertambahnya wawasan ini akan bermuara pada meningkatnya kualitas dari para mahasiswa mereka di masa mendatang.

“Wawasan mengenai dunia jurnalistik akan sangat berguna tak hanya bagi para mahasiswa kami yang berminat untuk menekuni dunia jurnalistik, tapi juga bagi mahasiswa lainya,” terangnya.

‎Ia kembali mengatakan, Prodi Ilmu Komunikasi sendiri memiliki dua jurusan, yakni jurusan public relation (hubungan kemasyarakatan) dan jurnalistik. Dengan demikian, kerja sama dengan PWI masih sangat dibutuhkan di masa – masa mendatang.

“Selain itu, kerja sama dengan PWI Lampung Utara ini kan bukan hanya dengan Prodi Ilmu Komunikasi melainkan dengan Umko. Jadi, tak menutup kemungkinan kuliah seperti ini akan juga dilakukan di prodi – prodi lainnya,” kata dia.

Ditempat yang sama, Ully Istiqomah, mahasiswi Ilmu Komunikasi semester VII mengaku, banyak pengetahuan yang didapat setelah mendengarkan pemaparan yang dilakukan oleh perwakilan PWI seputar jurnalistik. Ia kini lebih menyadari t‎entang pentingnya mematuhi kode etik jurnalistik bagi seorang wartawan.

“Dosen tamu dari PWI mampu memberikan pe‎ncerahan yang bagus bagi kami karena ternyata tidak semua kabar layak untuk diberitakan dan kecepatan bukanlah segalanya jika tidak diiringi dengan keakuratan,” urai dia.

Sementara itu, Ketua PWI Lampung Utara, M. Rozy Ardiansyah menuturkan, apa yang mereka lakukan ini merupakan bagian dari kepedulian mereka untuk turut menambah wawasan para generasi muda mengenai dunia jurnalistik. Dengan begitu, mereka akan memahami seluk beluk dunia jurnalistik jika memang suatu saat nanti memutuskan untuk turut terlibat di dalamnya.

“Semoga kerja sama ini akan memberikan manfaat yang nyata bagi adik – adik kita di sana,” harapnya. (Bbn/Ccp)