Peringati Hari Santri, PC NU Mesuji Gelar Apel Nasional, Sholawat Kebangsaan, Hingga Wayang Kulit

Lensa News111 views

Mesuji, Lensalampung.com – Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PC NU) Kabupaten Mesuji, mempringati hari santri nasional tahun 2022. Dalam peringatan tersebut, PC NU Mesuji menggelar berbagai kegiatan yang terpusat di kantor sekretariat PC NU Mesuji, di Desa Brabasan, Kecamatan Tanjung Raya, Sabtu, 22 Oktober 2022.

Kegiatan meliputi upacara Apel Nasional yang diikuti oleh Banom NU, dan ribuan santri se-Kabupaten Mesuji di pagi harinya. Kemudian dilanjutkan dengan sholawat kebangsaan dan pegelaran wayang kulit hingga malam hari.

Ketua pelaksana kegiatan Ahmad Bazar, S.Pd. menjelaskan kegiatan diselenggarakan dalam rangka peringatan hari santri nasional yang ke 7 tahun 2022. “Kegiatan ini, rutin diselenggarakan PC NU Mesuji setiap tahunnya,” ujarnya kepada media ini.

Peringatan hari santri lanjut Bazar sejatinya sebagai momentum untuk mengingat dan mengenang jasa para santri yang turut serta dalam memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia.

Sejarah singkat hari santri cerita Basar berawal dari fatwa ‘Resolusi Jihad’ yang disampaikan oleh KH Hasyim Asy’ari. Pada 22 Oktober 1945, KH Hasyim Asy’ari memimpin perumusan fatwa ‘Resolusi Jihad’ di kalangan kiai pesantren.

Fatwa itu berisi kewajiban berjihad untuk mempertahankan Kemerdekaan Republik Indonesia dengan melawan kelompok pasukan penjajah yang masih ada di tanah air.

Perjuangan ini melibatkan para ulama dan santri. Kemudian, perjuangan yang berlandaskan jihad kebangsaan tersebut juga melahirkan peristiwa heroik pada 10 November 1945 di Surabaya yang dikenal dengan Hari Pahlawan.

“Dengan demikian, fatwa ‘Resolusi Jihad’ itu dijadikan landasan peringatan Hari Santri setiap tanggal 22 Oktober yang ditetapkan Presiden Jokowi pada sejak 2015 silam,” tukasnya.

Penulis : Ishar Karni Ilyas Mukram