Bawaslu Lampura Gelar Sosialisasi Implementasi Peraturan

Lensa News97 views

Lampung Utara, Lensalampung.com – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Lampung Utara (Lampura) menggelar Sosialisasi dan Implementasi Peraturan Bawaslu dan Non Bawaslu.Sosialisasi digelar selama dua hari 22-23 Oktober 2022 dilaksanakan di Hotel Cahaya Kotabumi kabupaten setempat. Sabtu (22/10/2022).

Dalam sosialisasi tersebut menghadiri narasumber yakni Koordinator wilayah (Korwil) Lampung Utara Bawaslu Provinsi Lampung, Suheri, SIP, Komisioner Bawaslu Lampung Utara, Putri Intan Sari, Ma”sum Busthomi dan Agus dan perwakilan Partai Politik se-Lampung Utara.

Korwil Lampung Utara Bawaslu Provinsi Lampung, Suheri mengatakan bahwa sosialisasi ini dilaksanakan untuk kesiapan menghadapi pemilihan umum (Pemilu) serantak tahun 2024 mendatang.

” Tujuannya untuk memberikan pemahaman kepada seluruh partai politik bahwa hajat pemilu 2024 sudah semakin dekat ,” katanya kepada sejumlah wartawan usai menghadiri sosialisasi. Sabtu (22/10/2022).

Suheri mengatakan, kegiatan sosialisasi ini juga sebagai penyelenggara pemilu untuk mempersiapkan diri sesuai dengan tupoksi masing-masing

” Sebagai peserta pemilu partai politik dan kami sebagai penyelenggara pemilu bisa menyelenggarakan pemilu dengan baik, dan masyarakat sebagai pemilih bisa menggunakan hak pilihnya dengan baik dan benar,” jelasnya.

Sementara itu ditempat yang sama, Komisioner Bawaslu kabupaten Lampung Utara, Putri Intan Sari mengataka bahwa saat ini sedang melakukan tahapan verifikasi faktual keanggotaan partai politik.

Dijelaskan Putri, jumlah pertai politik di Lampung Utara yakni berjumlah 19 partai politik. Untuk 8 partai politik sudah dilakukan verifikasi faktual untuk sisanya tidak perlu dilakukan verifikasi lagi.

” Untuk hasil akhir masih menunggu hasil verifikasi faktual. Untuk jumlah partai politik di Lampung Utara berjumlah 19 parpol,” jelasnya.

Selain melibatkan partai politik, terang Putri, pihaknya juga melibatkan beberapa stakeholder yakni, Kesbangpol dan Peradi untuk memberikan pemahaman tentang mediasi.

” Kami menghimbau kepada seluruh partai politik agar memliki satu pemahaman frame pelaksanaan pemilu 2024,” tukasnya.(Ccp/Bbn)