Tidak Ditilang, Pelanggar Lalulintas Hanya Diberi Surat Cinta Dari Satlantas Polres Tubaba

Lensa News96 views

Tubaba, Lensalampung.com – Penindakan operasi keselamatan krakatau yang telah berlangsung selama empat hari sejak Selasa kemarin hingga kini Jum’at, 10 Februari, 2023 di wilayah hukum Polres Tulangbawang Barat (Tubaba) menjaring setidaknya 100 pengendara pelanggar lalulintas.

Pelanggar lalulintas baik kendaraan roda dua maupun roda empat itu terjaring operasi lantaran tidak mematuhi peraturan seperti tidak menggunakan helm, pengendara dibawah umur, kendaraan yang melebihi batas dimensi hingga kapasitas muatan melebihi tonase.

Meski telah terbukti melakukan pelanggaran, petugas Satuan Lalulintas (Satlantas) Polres Tubaba tidak melakukan penindakan tilang, namun hanya diberikan teguran secara tertulis maupun lisan, sebagai wujud cinta atau sayang terhadap masyarakat.

“Untuk sementara ini hanya kita berikan teguran lisan dan tertulis serta imbauan untuk selalu tertib berlalu lintas, dan juga melakukan pemasangan spanduk keselamatan berlalu lintas untuk para pengendara,” ujar IPTU Samsi Rizal, Kasat Lantas mewakili AKBP Ndaru Istimawan, S.I.K, Kapolresnya.

IPTU Samsi Rizal mengatakan oprasi yang akan berlangsung hingga Senin, 20 Februari mendatang ini merupakan upaya Kepolisian menekan terjadinya kecelakaan lalulintas dalam rangka cipta kondisi menjelang bulan suci Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri.

“Operasi ini digelar dalam rangka mengurangi pelanggaran lalu lintas dan fatalitas kecelakaan, dengan tujuan utama yaitu meningkatkan kemampuan Masyarakat dalam berlalu lintas,” kata Kasat saat menggelar razia di Jalan Poros jalur dua Kelurahan Panaragan Jaya, Kecamatan Tulang Bawang Tengah.

Menyikapi ratusan pengendara yang telah terjaring selama beberapa hari ini, IPTU Samsi Rizal menghimbau masyarakat tertib dalam berkendara, sehingga dapat meminimalisir terjadinya kecelakaan lalulintas dan selamat sampai ditujuan.

“Patuhi aturan berlalulintas, jangan kebut-kebutan di jalan. Biasanya kecelakaan lalu lintas diawali dari pelanggaran. Oleh karena itu, budayakan untuk tertib dalam berlalulintas di jalan raya,” tandas Kasat lantas usai menindak pelaku pengendara pelanggar lalulintas. (Jalal)