Rawan Kriminal di Tiyuh Penumangan Baru, Kapolres Tubaba Janji Ungkap Kasus

Lensa News103 views

Tubaba, Lensalampung.com – Tiyuh Penumangan Baru, Kecamatan Tulang Bawang Tengah, Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) nampaknya akhir-akhir ini rawan terjadi tindak kriminalitas.

Rawan kriminalitas itu berdasarkan laporan masyarakat sekitar kepada AKBP Ndaru Istimawan, S.I.K, Kapolres Tubaba pada Jum’at, 17 Februari, 2023.

“Saat ini di Tiyuh Penumanan Baru agak rawan karena sudah dua kali terjadi Kriminal, yang menjadi sasaran yaitu ibu-ibu yang akan pergi kepasar pada pagi hari dan anak-anak sekolah,” lapor Budi Utomo kepada AKBP Ndaru saat terselenggaranya program Kepolisian ‘Jum’at Curhat’ di balai Tiyuh setempat.

Lantaran rawan tindak kriminal, Budi Utomo mewakili masyarakat sekitar meminta Polres Tubaba lebih aktif dalam giat Patroli, sehingga warga merasa nyaman tanpa khawatir bepergian.

“Untuk Patroli kami mohon ditingkatkan kembali pada jam-jam rawan, karena sekarang masyarakat tidak berani naik motor lantaran takut dibegal. Kemarin juga saya melihat sudah ada anggota yang Patroli naik motor, saya ucapkan terimakasih,” ujarnya.

Menyikapi laporan masyarakat ini, AKBP Ndaru Istimawan meminta jajaran tim Tekab 308, Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) segera melakukan penyelidikan terkait peristiwa tersebut.

“Berkaitan dengan aksi Curas (Pencurian disertai Kekerasan) yang terjadi di Tiyuh Penumangan terimakasih atas informasinya, karena kami butuh informasi seperti ini. Jangan takut untuk melapor segera laporkan kepada Bhabinkamtibmasnya agar kita bisa langsung bergerak, mungkin dari tim Tekab 308 Presisi kami langsung bergerak cepat untuk mengidentifikasi para pelaku,” kata Kapolres.

Guna menimalisir kejadian serupa, AKBP Ndaru juga mengatensikan jajarannya untuk lebih rutin melakukan Patroli. Dirinya juga berjanji akan segera melakukan pengungkapan kasus Curat yang menimpa ibu-ibu dan pelajar seperti yang dilaporkan masyarakat tersebut.

“Kami akan lebih giatkan lagi patroli diwilayah Penumangan Baru. Terkait tindak pidana Curas, ini menjadi PR kami dari Polres untuk Mengungkapnya, memang akhir-akhir ini menjelang hari Raya biasanya situasi Kamtibmas lebih meningkat, nanti kami akan Patroli sambang ke Tiyuh-tiyuh dengan mengunakan kendaraan Patroli,” tandas Kapolres Tubaba.

Dalam kegiatan Jum’at Curhat itu pula, petugas Kepolisian meminta masyarakat segera melaporkan pada nomor telefon Hot Line 0813-8611-0110 jika melihat peristiwa kejahatan atau kejadian yang menganggu situasi kamtibmas. (Jalal)