Berhasil Pertahankan UHC, Warga Lampura akan Nikmati Layanan Kesehatan Gratis

Lampung Utara, Lensalampung.com – Pemerintah Kabupaten Lampung Utara (Lampura) terus berkomitmen meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya dalam bidang kesehatan. Setelah meraih penghargaan Universal Health Coverage (UHC) Award pada awal tahun ini, Pemkab Lampura berhasil mempertahankan capaian kepesertaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang jauh di atas target nasional.


Penghargaan UHC Award diberikan kepada Lampura atas keberhasilannya mencapai cakupan kepesertaan JKN sebesar 98,6% per tanggal 1 Maret 2023. Penghargaan bergengsi ini diserahkan langsung di Balai Sudirman Tebet, Jakarta Selatan, pada tanggal 14 Maret 2023 lalu.


Berkat capaian ini, masyarakat Lampura, terutama mereka yang kurang mampu, kini dapat mengakses layanan kesehatan secara gratis di berbagai fasilitas kesehatan, baik pemerintah maupun swasta. Hal ini dibuktikan dengan kasus Faiz (8 bulan), warga Desa Sumber Arum, yang berhasil mendapatkan perawatan intensif di rumah sakit swasta tanpa membebankan biaya kepada keluarganya.


“Alhamdulillah, berkat capaian UHC ini, masyarakat Lampura dapat merasakan manfaat langsung dari program jaminan kesehatan. Kami berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan bagi seluruh masyarakat,” ujar Kepala Dinas Sosial Lampura, Gadriyanto Abung, Senin, 5 Agustus 2024.

Peningkatan Kualitas Pelayanan Kesehatan itu, menurutnya tidak terlepas dari Capaian UHC. Yang tidak hanya memberikan jaminan akses terhadap layanan kesehatan, akan tetapi juga mendorong peningkatan kualitas pelayanan di berbagai fasilitas kesehatan di Lampura.

Dan pemerintah daerah terus berupaya untuk memastikan bahwa seluruh masyarakat mendapatkan pelayanan kesehatan yang prima dan merata. “Dengan adanya UHC, kami berharap masyarakat semakin peduli terhadap kesehatan dan tidak ragu untuk memanfaatkan fasilitas kesehatan yang ada. Kami juga akan terus melakukan sosialisasi agar masyarakat memahami pentingnya memiliki kartu JKN,” tambah Redy Apriansyah, selaku Kabid Perlindungan dan Jaminan Sosial Dinas Sosial Lampura.

Serta menjadi solusi, khususnya di tengah inflasi saat ini. Program UHC tersebut dipercaya juga menjadi tambatan bagi masyarakat di tengah kondisi ekonomi yang tidak menentu, terutama dengan adanya masa paceklik sekarang.

“Dengan adanya jaminan kesehatan dari pemerintah, masyarakat tidak perlu khawatir lagi dengan biaya pengobatan yang mahal,” pungkasnya. Foto Kadis Gadriyanto.
“Note, dicari…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *