Angkatan Ke- 34, Anggota PWI Lampura Dinyatakan Lulus Ikuti UKW

Bandarlampung,Lensalampung.com – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Lampung menggelar Uji Kompetensi Wartawan (UKW) ke- 34 secara gratis baik jenjang Muda maupun Madya, di Balai Sofian Ahmad BandarLampung, yang dimulai sejak tanggal 5 Agustus 2024,pukul 07.30 WIB.

Dalam Uji Kompetensi Wartawan dikuti sebanyak 33 Anggota PWI dari Kabupaten Lampung Utara, Pringsewu, Lampung Tengah, Metro, Tulang Bawang,Tanggamus, Way Kanan dan lain sebagainya.

Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Lampung Wira Hadi Kusuma mengatakan, jika UKW ini adalah hal pokok bagi wartawan yang tergabung di PWI Provinsi Lampung maupun Kabupaten.

“Uji Kompetensi Wartawan merupakan agenda penting agar wartawan memiliki standar kompetensi dalam menjalankan tugas secara Profesional,” kata Wira Hadi Kusuma dalam sambutan penutupan UKW, Selasa 6 Agustus 2024

Lanjut Wira Hadi Kusuma, jika standar kompetensi itu sangatlah penting, yang mana wartawan harus bertindak secara profesional dalam melakukan tugas dan tidak melanggar Kode Etik Jurnalistik (KEJ).

“Sayangnya banyaknya wartawan yang melanggar KEJ itu biasa saja, akan tetapi wartawan profesional harus takut melanggar KEJ, juga Hukum. Kemudian itu wartawan harus tahu apa yang dilakukannya ketika dia berbuat salah, seperti melakukan klarifikasi, permohonan maaf ketika salah menulis, jadi wartawan itu harus tau kalo dia berbuat salah. Itu baru wartawan profesional. Saya mengajak diri saya dan kawan – kawan, ayok kita takut melanggar KEJ karena standar moral kita sebagai wartawan, ditentukan Undang – Undang pers no 40 tahun 1999,” ucap Wira

Tidak itu saja, “Saya minta doa dari kawan – kawan semua. PWI Lampung juga akan berlaga di Porwanas tanggal 18 Kita berangkat, ditanggal 10 kita komunikasi dengan pak gubernur, akan di lepas di maha agung PWI Lampung, mempertahankan peringkat 5 besar. Pungkas Wira Hadi Kusuma.

Sementara itu Ketua PWI Lampura, Evicko Guantara mengatakan jika pengurus PWI Lampura berkomitmen akan terus mengikutkan anggotanya pada Uji Kompetensi Wartawan.”Baik untuk jenjang muda, madya, dan bahkan utama saya akan memfasilitasi rekan-rekan PWI Lampura untuk mengikuti UKW yang digelar oleh PWI Provinsi Lampung,”terang Vicko

Lanjut Vicko, Kompetensi wartawan itu sangat penting dan wajib diikuti oleh anggota PWI, “Selamat bagi yang menyandang kompetensi, jangan sombong dan teruslah belajar karena setiap tahun perkembangan dunia jurnalistik akan terus berubah sesuai dengan perkembangan tekhnologi,” pungkas Ketua PWI Lampura Evicko Guantara.(Ccp/Bbn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *