Galakan Program ‘Grebek RT’ Kades Berasan Makmur Serap Aspirasi Masyarakat

Mesuji, Lensalampung.com – Pemerintah Desa Berasan Makmur, Kecamatan Tanjung Raya, memilki program kerja yang mungkin belum pernah dilakukan oleh desa yang lain. Kegiatan itu bertujuan untuk menyerap aspirasi masyarakat yang diberi nama ‘Grebek RT’.

Kegiatan yang rutin digelar seminggu 2 kali dan sudah berjalan selama 2 tahun di wilayah kerja Desa Berasan Makmur terdapat 22 RT dan 7 RW. Grebek RT ini juga dilakukan untuk menjaga silaturahmi antara Pemerintah Desa Berasan Makmur dengan warganya agar tidak ada jarak, sekaligus sebagai ajang berdiskusi membahas setiap persoalan yang terjadi ditengah masyarakat.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Desa Berasan Makmur, Sri Wahyuni juga memaparkan semua program pembangunan di desa baik yang sedang dikerjakan, maupun yang akan dilakukan sebagai bentuk transparansi Pemerintah Desa kepada masyarakat.

“Malam ini, kami melaksanakan kegiatan Grebek RT di wilayah kerja RT 003/ RW 005, dan ini sudah berjalan 2 tahun lebih, sejak saya menjabat kepala desa pada tahun 2021 lalu. Seperti biasa kami berkumpul dengan seluruh warga di RT ini untuk berdiskusi dan selalu menjaga silaturahmi agar tidak ada jarak antara pemerintah desa dengan masyarakatnya,”kata Sri Wahyuni usai kegiatan, pada Jumat (11/10/2024) pukul 21.00 wib.

Kendati seorang wanita, tetapi untuk urusan membangun desanya, nampaknya Sri Wahyuni tak bisa dianggap enteng. Terbukti, baru di tahun ketiga dia menjabat sebagai Kepala Desa, sudah banyak keberhasilan pembangunan serta program bantuan yang masuk ke desa baik dari Kabupaten, Provinsi, maupun Pusat.

Sejak dilantik sebagai Kepala Desa pada tahun 2021 lalu, Sri Wahyuni memang langsung gass pol membangun desanya agar tidak kalah dengan desa yang lain. Apalagi mengingat Desa Berasan Makmur ini merupakan desa pemekaran dari induknya Desa Brabasan yang baru dimekarkan pada tahun 2013 silam.

Banyaknya keberhasilan pembangunan di Desa Berasan Makmur, seperti rehab Pasar Desa, Balai Desa, pembangunan Jalan Lingkungan, jalan usaha tani (JUT), dan masih banyak program pembangunan yang akan dilakukan oleh Pemerintah Desa dan sudah di rasakan langsung oleh masyarakat manfaatnya.

Seperti diungkapkan oleh Tarbin Putra (50) salah satu warga Desa setempat yang turut hadir dalam kegiatan tersebut, sangat mengapresiasi keberhasilan pembangunan di Desa Berasan Makmur yang sudah banyak dirasakan masyarakat.

Selain itu lanjut pria yang pernah menjabat sebagai Camat Mesuji Timur selama 5 tahun itu, bahwa kegiatan Grebek RT yang dilakukan oleh Pemerintah Desa Berasan Makmur, dengan memberikan ruang diskusi untuk masyarakat guna membahas setiap persoalan yang terjadi dibawah, dan sekaligus sebagai bentuk transparansi pemerintah desa kepada masyarakat.

“Saya sangat Apresiasi kegiatan seperti ini, belum tentu Kepala yang lain punya program semacam ini. Harapannya ini bisa terus dilakukan agar silaturahmi warga dengan pemerintah desa tidak terputus, juga sekaligus menjadi moment untuk menyampaikan apa saja sih yang sudah dilakukan oleh pemerintah desa, agar bisa diketahui oleh semua masyarakatnya,”ucapnya diamini warga yang lain. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *