Tamanuri Berikan Pemahaman 4 Pilar Kepada Ratusan Siswa

Lampung Utara, Lensalampung.com – Anggota DPR-RI dari Fraksi Partai Nasdem Drs.H.Tamnuri M.M., selasa (26/9/2017) menggelar Sosialisasi Empat Pilar kebangsaan dan Rapat Dengar Pendapat bersama Ratusan siswa yang ada di SMAN 1 Abung Semuli Kabupaten Lampung Utara (Lampura). Dalam Sosialisasi empat pilar tersebut mengusung tema ‘Penegasan Pancasila Sebagai Dasar Negara Ideologi Bangsa dan Negara’.

Anggota DPR-RI Drs.H.Tamanuri M.M., menjelaskan, sesuai dengan judul Empat Pilar Kebangsaan yang meliputi Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Bhineka Tunggal Ika dan Negara Kesatuan Republik Indonesia(NKRI) perlu diberikannya pemahaman kepada siswa.

” Ini perlu kita sampaikan kepada para siswa di sekolah khususnya untuk siswa SMA sederajat kelas XII, karena mereka akan masuk ke transisi. Ada yang menjadi Mahasiswa dan ada yang bekerja. Masuk ke jenjang ini mereka harus tau kondisi Indonesia yang sebenarnya. Untuk itu diberikan pemahaman melalui Empat Pilar Kebangsaan,”tutur Tamanuri, selasa (26/9/2017).

Diterangkan Tamanuri, di Indonesia sendiri memiliki ribuan suku bangsa dan ribuan pulau serta bahasa dan adat budaya. Melalui NKRI, masyarakat Indonesia memiliki perekat. Tanpa ini semua tidak bisa dibayangkan Negara Indonesia akan seperti negara lain yang berantakan, pecah belah dan tidak berbudaya. Dengan adanya sosialisasi ini, anak-anak bisa menjadi calon penerus bangsa di masa yang akan datang.

“Jika anak-anak kita yakni calon generasi penerus bangsa bisa memahami Empat Pilar Kebangsaan, maka Negara kita akan aman, nyaman dan tentram. Jangan sampai terjadi tauran atau bentrok antar sekolah, Desa, Kecamatan bahkan antar Kabupaten. Untuk itu pemahaman Empat Pilar kebangsaan ini sangatlah penting diberikan kepada generasi penerus bangsa,”terangnya.

Tanpa keamanan lanjut Tamanuri, tanpa keharmonisan dan tanpa kesejukan maka sulit Indonesia akan maju. Karena Indonesia ini Majemuk, banyak kesuku ragaman budaya dan bahasa di dalamnya. Untuk itu diharapkan kepada siswa-siswa agar mampu melanjutkan tongkat estafet pemimpin-pemipin bangsa ini. Karena itu diminta agar para siswa belajar dengan giat agar mampu memiliki pemikiran yang hebat.

“Jika nantinya salah satu diantara siswa kita ada yang menjadi Pemipimpin di suatu Daerah dan dia tidak memiliki ilmu yang banyak dan mental yang kuat maka dia tidak akan mampu menjadi pemimpin yang baik,”pungkasnya.

Dari pantauan di Lokasi para siswa diberikan juga pemahaman Empat Pilar Kebangsaan oleh Pemateri yakni Heru Listianto yang juga Tenaga Ahli Drs.H.Tamanuri M.M., Kemudian dilanjutkan dengan Dialog antar Anggota DPRI, Pemateri, Pihak Kepolisian dan Para siswa. (Bs)