Buka Bimtek Implementasi Program Kesiapan Sekolah, Ini Pesan Bunda PAUD Lampura

Buka Bimtek Implementasi Program Kesiapan Sekolah, Ini Pesan Bunda PAUD Lampura

64
0
BERBAGI

Lampung Utara, Lensalampung.com – Bunda PAUD Lampung Utara Hj. Nur Endah Sulastri, menegaskan bila pendidikan berkualitas untuk anak-anak harus diterapkan sejak dini dan merupakan tanggung jawab bersama. Hal itu diungkapkan, saat membuka Bimbingan tekhnis (Bimtek) implementasi program kesiapan bersekolah yang digelar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Lampung Utara.

“Kepada para Guru ini harus menjadi perhatian kita bersama, agar kita dapat benar-benar mempersiapkan layanan pendidikan yang tepat. Sehingga anak-anak juga dapat mengikuti jalannya proses pembelajaran dengan mudah,” ujar Endah dalam arahannya, Rabu (29/10/ 2021).

Kondisi lingkungan saat ini, telah mengalami pergeseran, penggunaan alat komunikasi moderen juga memiliki dampak megatif. Maka itu, lanjut Endah, peran orang tua harus lebih aktif dalam mendidik anak di rumah.

Potensi kecerdasan lanjut Endah, dan dasar-dasar perilaku manusia terbentuk pada rentang usia dari 0 hingga 6 tahun. Sangat pentingnya masa ini karena sering disebut “the golden age”.
Semua juga tentu menyadari bahwa pentingnya Pendidikan sejak usia dini ini dikarenakan anak-anak adalah calon generasi penerus bangsa yang harus dipersiapkan agar memiliki kecerdasan dan moral yang baik.

“Saya juga titip pesan kepada guru-guru jika ada anak yang tidak tau membaca tolong jangan di marah apalagi sampai di pukul, ajarkan mereka dengan baik dan penuh kesabaran.Karena saat pindah dari tempat satu ke tempat lainnya anak-anak harus beradaptasi, ini adalah tugas dan tanggung jawab kita sebagai pendidik,” lanjutnya.

Endah berpesan agar dalam mendidik anak-anak tidak lagi menggunakan kekerasan seperti bentuk peringatan di masa lampau, harus dengan sabar dan tenang agar anak anak dapat nyaman saat memperoleh pembelajaran.

Ditempat yang sama Kadisdikbud Lampura H. Mat Soleh didampingi Kabid PAUD dan PNF Yeni Sulistina menyatakan, Bimtek ini diadakan guna menyamakan persepsi antara satu dengan lainnya, karena memiliki keterkaitan.

Anak-anak yang ingin masuk ke jenjang Sekolah Dasar usai melaksanakan pendidikan sejak usia dini harus mempersiapkan mental.

Untuk itu bagaiamana sekolah menerima anak-anak setelah adanya perpindahan, untuk itu perlu dilakukan adaptasi. “Kita minta kepada pihak SD agar mempersiapkan ruang belajar yang sama seperti PAUD, mengingat anak-anak harus memiliki kesiapan mental. Kita juga minta gurunya untuk siap memberikan metode pembelajaran yang baik, untuk itu kita adakan Bimtek hari ini(kemarin, Red),”ucapnya.

Dengan adanya Bimtek ini diharapkan mampu meningkatkan pengetahuan semua pemangku kepentingan mengenai kesiapan bersekolah, sehingga terjadi persamaan persepsi dan transisi PAUD-SD dapat berjalan dengan baik.

Kemudian meningkatnya komunikasi yang baik antara Pemkab Lampura yang menangani PAUD dan SD serta guru dan wali murid semua terkait kesiapan bersekolah.”Menguatkan keselarasan pembelajaran bagi peserta didik di satuan PAUD dan SD, perlu memperhatikan bahwa PAUD sejak lahir sampai usia enam tahun yang dilakukan mulai dari pemberian rangsangan pendidikn untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani serta rohani agar anak memiliki kesiapan untuk memasuki pendidikan lebih lanjut,”pungkasnya.

Laporan : Cecep/Beben

TIDAK ADA KOMENTAR