Rakor Gubernur Se-Sumatera Berakhir, Ini 11 Kesepakatan yang Dihasilkan

Rakor Gubernur Se-Sumatera Berakhir, Ini 11 Kesepakatan yang Dihasilkan

698
0
BERBAGI

BANDARLAMPUNG, Lensalampung.com – Rapat Koordinasi (Rakor) Gubernur Se-Sumatera yang dilaksanakan selama empat hari, 26 – 29 Juli 2016 di Provinsi Lampung resmi ditutup hari ini, Jumat (29/7).

Terdapat sebelas kesepakatan yang dihasilkan rapat koordinasi gubernur se-Sumatera 2016 yang digelar sejak 26 Juli lalu di Hotel Novotel, Bandarlampung.

Adapun kesepakatan yang pertama yakni mendorong percepatan pembangunan infrastruktur Sumatera (jalan tol trans sumatera, jalur kereta api trans sumatera, bandara perintis, dan pelabuhan).

Kedua Membangun kawasan industri Sumatera di masing masing wilayah, serta pengembangan perdagangan regional.

Ketiga Mengembangkan potensi maritim Sumatera untuk mempercepat pertumbuhan dan pemerataan ekonomi daerah.

Keempat Mendorong perkuatan lembaga Badan Resetorasi Gambut, serta  berkoordinasi dengan pemerintah daerah dalam upaya pencegahan kebakaran hutan dan lahan.

Kelima Memperkuat Sumber Daya Manusia (SDM) tenaga kerja melalui pembangunan Balai Latihan Kerja (BLK) Regional Sumatera.

Keenam  Mendorong percepatan pembangunan Institut Teknologi Sumatera (ITERA) guna mewujudkan Centre of Excellent Sumatera.

Ketujuh  Mendorong pembangunan destinasi pariwisata unggulan Sumatera untuk mewujudkan visi Wonderful Indonesia.

Kedelapan Mendorong percepatan pembangunan pembangkit listrik 15.000 MW menuju swasembada energi untuk meningkatkan pengembangan investasi di wilayah Sumatera.

Kesembilan kerjasama lintas wilayah dan lintas sektor untuk pencegahan dan penanggulangan Human Trafficking, Narkoba dan Pornografi.

Kesepuluh Sebelumnya upaya mencapai tujuan tersebut telah dilakukan pembahasan atas agenda-agenda sebagai berikut.

Dan yang Terakhir, kesebelas. menyepakati tuan rumah dan ketua forum Gubernur se Wilayah Sumatera tahun 2017 adalah Provinsi Jambi.

Dengan kesimpulan kesebelas kesepakatan tersebut bertujuan untuk mempercepat kemajuan dan sinergitas program pembangunan di Wilayah Sumatera.

Sebelumnya Perwakilan Kementerian Republik Indonesia telah menyampaikan lima pembahasan penting dalam Rakor Gubernur Se-Sumatera, selengkapnya
http://lensalampung.com/go/ini-lima-bahasan-penting-rakor-gubernur-se-sumatera/.  (red)

TIDAK ADA KOMENTAR