Sepuluh Dubes Akan Datangi TNWK

Sepuluh Dubes Akan Datangi TNWK

736
0
BERBAGI

Bandarlampung, Lensalampung.com – Sebanyak sepuluh orang Duta Besar Negara se-Asean bakal menghadiri ASEAN Heritage Park Committe Ke-5 pada tanggal 25 hingga 27 Juli mendatang. Sekaligus, menyaksikan secara langsung proses penamaan anak dari indukan Badak Andalas dan Ratu di Tawan Nasional Way Kambas, Lampung.

Latar Belakang ASEAN Heritage Park (AHP), menurut Sekretaris Daerah Provinsi Lampung, Ir. Sutono, merupakan kawasan perlindungan terpilih di wilayah ASEAN yang dikenal dengan keanekaragaman hayati, dan ekosistem yang unik dan mempunyai nilai yang tinggi.

“Melalui Deklarasi ASEAN tentang Heritage Parks and Reserves, negara-negara anggota ASEAN sepakat mengelola AHP secara efektif. Sehingga dapat  memelihara proses ekologis dan sistem pendukung kehidupan dan melestarikan keragaman genetik.

Selain itu untuk memastikan berkelanjutan pemanfaatan spesies dan ekosistem secara berkelanjutan  serta menjaga keindahan alam, budaya, pendidikan, penelitian, rekreasi dan pariwisata,” kata Sutono saat ditemui diruang kerjanya.

Dia menambah Lokasi  ASEAN Heritage Parks Committee sendiri dilaksanakan di The 7” Hotel and Convention Center Lampung, Ji. Rasuna Said No.18, Bandar Lampung.

Sekretariat AHP, lanjut Sutono, memiliki komitmen untuk membantu negara anggota ASEAN (AMS) dalam mencapai target kawasan konservasi di tingkat global, regional dan nasional dalam kerangka kerja AHP dan CBD Program of Work of Protected Areas. AHP Committee juga dibentuk untuk memberikan panduan teknis dalam perencanaan dan pelaksanaan kegiatan terkait AHP.

Mantan Sekda Lampung Selatan ini juga menjelaskan, AHP Committee telah menyelenggarakan pertemuan sebanyak 4 kali. Tahun 2009 di Singapura, 2010 di Brunei Darussalam,  2012 di Indonesia dan 2014 di Brunei Darussalam.”Tahun ini, akan diselenggarakan di Provinsi Lampung sekaligus peresmian TN Way Kambas sebagai AHP ke 36,” tambah Sutono saat ditemui lensa lampung diruangnya. (Ist)

TIDAK ADA KOMENTAR