Siaga Bencana, BPBD Lampung Utara Lakukan Simulasi Tenda Cepat

Siaga Bencana, BPBD Lampung Utara Lakukan Simulasi Tenda Cepat

677
0
BERBAGI

Foto, Prosesi pemasangan tenda pengungsi oleh tim bencana BPBD Lampung Utara, di halaman kantor BPBD setempat.

Lampung Utara, lensalampung.com – Badan Penanggulangan Benda Daerah (BPBD) Lampung Utara, adakan pelatihan bongkar pasang tenda pengungsi secara cepat. Ini merupakan rutinitas untuk persiagaan tanggap bencana.

“Kita melatih personil kita untuk meningkatkan gaya Sumber Daya Manusia (SDM), baik cara memasang tenda regu, tenda keluarga, dan pasilitas-pasilitas untuk membantu korban bencana.” Kata Karim.SR, Kepala BPBD, kepada wartawan, Kamis (6/9/2018).

Proses pemasangan tenda ditargetkan sekitar 15 menit paling cepat dan paling lambat 30 menit. Dimana tenda pengungsi hampir sama dengan tenda regu pada TNI dan kapasitasnya menyesuaikan, namanya tenda pengungsi kata Karim, diupayakan semaksimal mungkin masyarakat atau warga yang tertimpah bencana bisa kita ungsikan ke tenda pengungsi tersebut.

“tenda pengungsi yang dipasangkan atau kita peraktekan hari ini itu berjumlah 2 unit untuk tenda keluarga atau regu itu ada 6 unit.” ucapnya.

Nantinya sebelum masyarakat yang di ungsikan memasuki tenda, terdapat fasilitas fasilitas yang disediakan seperti, karpet, tikar dan ada palbet, untuk makanan siap saji pula sudah dipersiapkan dengan kemampuan dan kualiatas Daerah, termasuk air bersih. Tenda pengungsi diketahui dapat menampung 20 hingga 50 orang.

“Jika perlu ada penerangan-penerangan kita berikan, terutama kita harus berkerja sama kepada instansi terkait dan tentunya TNI.” pungkasnya. (Rafi).

TIDAK ADA KOMENTAR