Sosialisasi 4 Pilaar Kebangsaan, Alimin Anggota DPR-RI Asal PAN Malah Arogan

Sosialisasi 4 Pilaar Kebangsaan, Alimin Anggota DPR-RI Asal PAN Malah Arogan

1418
0
BERBAGI

TULANGBAWANG, Lensalampung.com -Citra Lembaga Dewan Perwakilan Rakyat semakin buruk di mata masyarakat Tulangbawang, Lampung. Belum lama ini di kabupaten setempat heboh soal tertangkapnya oknum Anggota DPRD yang berinisial NM terkait dugaan pemakaian narkoba, kali ini sikap tak terpuji lainnya dilakukan oleh anggota DPR RI asal Lampung Alimin Abdullah yang mencaci maki M Gandhi, salah satu wartawan harian lokal setempat saat tengah diwawancarai.  Sabtu (16/07)

Hal itu tentu saja membuat masyarakat semakin tidak resfek, akibat ulah Anggota DPR RI asal Partai Amanat Nasional (PAN) arogansi Alimin terhadap M Gandhi dengan perkataan tak lazim lantaran menyebut Gandhi sebagai wartawan goblok menuai reaksi keras banyak pihak, masyarakat setempat dan para awak media serta para LSM. Menurut mereka sosok wakil rakyat harusnya tidak demikian, jika wartawan saja dicaci maki apalagi masyarakat biasa.

Ketua PWRI Tulang Bawang, Setya Budi Pramono, S. Sos mengungkapkan, sikap tak lazim yang dilontarkan Alimin itu selain melecehkan profesi jurnalis, juga bisa dianggap melanggar etika serta norma kesusilaan, norma agama dan norma hukum yang berlaku di masyarakat. Tindakan melecehkan orang lain dengan dasar yang tidak kuat berpotensi menyulut konflik sosial, dan itu harus mendapat perhatian dari semua pihak dan organisasi pers yang ada di Lampung.

“Ini adalah penghinaan bagi Pers yang kerjaannya mencari berita dan menjalankan tugasnya sesuai dengan kode etik jurnalistik,” terang Budi, Minggu (17/07).

Perkataan kotor itu terlontar saat Gandhi hendak mewawancarai Alimin usai kegiatan sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan yang berlangsung di jalan 3 Ujung Gunung Ilir Kecamatan Menggala, Sabtu (16/07) kemarin. “Perkataan kurang sopan tersebut terlontar saat saya mempertanyakan maksud tujuan serta manfaat bagi masyarakat yang hadir dalam sosialisasi tersebut. Bukanya menjawab dia malah memaki saya dan bilang saya goblok,” ungkap Gandi, Minggu (17/07).

“Saat sedang wawancara, dia balik bertanya, kamu wartawan apa, mana koran kamu. Dasar goblok, saya malu sekali karena disana banyak masyarakat ” tutur Gandhi menirukan ucapan Alimin.

Kecaman yang sama juga disampaikan Darsani, S. Pd (27) Pimpinan Redaksi media Online Lensalampung.com, Pimred muda itu mengutuk keras sikap tidak beretika seoarang Legislator yang notabene dipilih rakyat itu, menurutnya saat ini bangsa Indonesia seharusnya sudah benar-benar merdeka. Tidak adalagi arogansi maupun intervensi, terlebih untuk level Anggota Dewan yang terhormat ditingkat pusat.

“Wartawan bekerja dibawah peraturan dan Undangan-undang, kebebasan wartawan telah tertuang dalam UU Pers No. 40 Tahun 1999 dalam melaksanakan tugasnya wartawan dilindungi, itu kan tidak ada yang salah dalam pertanyaannya (Ghandi) menanyakan maksud dan manfaat. Jadi kenapa mesti arogan,”ungkap Darsani dengan nada heran.

Dalam kesempatannya dia menghimbau Alimin dapat bertanggung jawab secara moril atas perlakuan kurang mengenakkan tersebut, dia juga menyarankan kepada rekannya M. Gandi agar melaporkan Alimin ke pihak kepolisian selaku Institusi penegakan hukum, selain melaporkan pada pihak kepolisian dia juga menyarankan agar laporan tersebut disampaikan di Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) di Jakarta. (Ist)

TIDAK ADA KOMENTAR