Tim Kemendes Turun Ke Lampura, Ada Apa!

Tim Kemendes Turun Ke Lampura, Ada Apa!

608
0
BERBAGI

Foto, Faris Satria Alam dikonfirmasi wartawan saat berada di Balai desa Gunung Besar Kecamatan Abung Tengah, Lampung Utara, selasa (4/9/2018).

Lampung Utara, lensalampung.com – Berdasarkan laporan dari masyarakat Satuan Petugas (Satgas) dari Kementerian Desa Tertinggal dan Transmigrasi (PDT) turun ke Kabupaten Lampung Utara.

Faris Satria Alam, anggota Satgas dana desa, menerangkan, Satgas dana desa ini guna menjalankan tugas dari Inspektorat dalam rangka Monitoring dan Evaluasi soal dana desa, dan menyangkut klasifikasi terkait dengan penyerapan dana, yang berkaitan dengan seluruh penggunaan dana desa.

“Ada dua misi yang kami jalankan, yang pertama ini Monev sebagaimana tugas kami dari Inspektorat jenderal soal penyerapan DD tahap satu dan dua. Kemudian ada laporan (kesatgas) soal DD.” Jelas Faris dikonfirmasi wartawan saat berada di Balai desa Gunung Besar Kecamatan Abung Tengah, Lampung Utara, selasa (4/9/2018).

Dalam evaluasi itu dilanjut Faris, Monev dilakukan secara global terkait penyerapan DD, ketika sudah terealisasi kemudian pihaknya juga melakukan cek fisik, “di desa gunung besar ini yang kita lakukan pengecekan sebagai sampleing. Kemudian juga sudah ditindaklanjuti oleh Inspektorat ada persoalan di pajak, itu kemudian yang kita tindaklanjuti.” lanjut Faris yang juga sebagai anggota divisi regulasi kementerian.

Saat itu, Tim Satgas terdiri dari tiga orang antaranya dua dari anggota Satgas dana desa dan satu dari tim sekretariat DD. Didampingi tim Penanganan Pengaduan dan Masalah Provinsi Lampung Tito serta Tenaga Ahli (TA) dua orang tenaga ahli dan Tim PDTI.

Diketahui mereka datang dan melakukan Monev di desa Comok Kecamatan Sungkai Barat dan Gunung Besar Kecamatan Abung Tengah, Daerah setempat.

Hasil Monev selanjutnya akan di laporkan ke ketua Satgas dan disampaikan kepada Inspektorat pusat serta Kementerian PDT. “Kedudukan Satgas berdasarkan Surat Keputusan (SK) dibawah kementerian PDT artinya azin langsung di bawah kementerian.” pungkasnya. (Rafi/Ben)

TIDAK ADA KOMENTAR