Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat, Bappeda Gelar Pemaparan TPB/SDGs

Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat, Bappeda Gelar Pemaparan TPB/SDGs

353
0
BERBAGI

Foto, kegiatan pemaparan TPB/SDGs.

Lampung Utara, lensalampung.com – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Lampung Utara, menggelar pemaparan hasil Study Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) atau Sustainable Development Goals (SDGs), rabu (19/9/2018) siang di ruang siger Pemkab setempat.

Kepala Bappeda Lampura H. Syahrizal Adhar mengatakan, kegiatan pemaparan TGB/SDGs ini memiliki dasar hukum peraturan Presiden RI Nomor 59/2017 tentang pelaksanaan pencapaian tujuan berkelanjutan.

Lalu MoU Gubernur Lampung dan United Nations Development Program(UNDP) Nomor:G/475/VI.01/HK/2017 tentang Implementasi TPB di Provinsi Lampung.

Agenda itu bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi Masyarakat, kemudian keberlanjutan kehidupan Masyarakat, kualitas lingkungan hidup, pembangunan yang menjamin keasilan dan terlaksananya tata kelola.

“Kabupaten Lampura merupakan salah satu dari tiga Kabupaten yang menjadi Pilot Project MoU Gubernur Lampung dan UNDP. Untuk itu kita adakan pemaparan ini dengan melibatkan SKPD yang ada di Lampura,” tutur Syahrizal,rabu (19/9/2018).

Untuk menidaklanjuti MoU tersebut lanjut Syahrizal, Bappeda membentuk tim koordinasi daerah dan sebagai tindak lanjut dari hal tersevir UNDP bekerjasama dengan SDGs dan telah melakukan studi TPB di Lampura pada bulan Desember 2017 hingga bulan April 2018. “Hasil studi itu sudah dipaparkan ke berbagai pemangku kepentingan yang tergabung dalam koordinasi daerah TPB dan telah disyahkan pada Perbup pada tanggal 5 April 2018,” jelasnya, serta katakan, “ditargetkan pada tahun 2030 mendatang masyarakat sejahtera.” ucapnya.

Ditempat yang sama Bupati Lampura Hi. Agung Ilmu Mangkunegara yang diwakili oleh Asisten I Yuzar menyatakan, SDGs/TPB adalah agenda pembangunan global 2016 hingga 2030 dan merupakan hasil kesepakatan dari Negara Anggota Perserikatan Bangsa-bangsa pada bulan September 2015.

TPB ini memiliki 17 tujuan, 169 target dan 319 indikator yang diantara tujuannya adalah untuk mengakhiri kemiskinan. Kemudian meningkatkan kesehatan Masyarakat, mempromosikan Pendidikan dan menerangi perubahan iklim.”Saya bersyukur Lampura terpilih menjadi salah satu Pilot Project bersama dua Kabupaten Lamtim dan Pesawaran. Saya juga mengucapkan terimaksih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam terlaksananya study TPB/SDGs sehingga memudahkan kita dalam mengambil kebijakan dan keputusan terkait perencanaan pembangunan untuk mencapai TPB/SDGs,” pungkasnya. (Rafi).

TIDAK ADA KOMENTAR