Warga Tahanan Kian Meningkat, Rutan Kelas II B Kotabumi Rutin Melakukan Pengecekan

Warga Tahanan Kian Meningkat, Rutan Kelas II B Kotabumi Rutin Melakukan Pengecekan

127
0
BERBAGI

Lampung Utara,Lensalampung.com РPotensi gangguan keamanan dan ketertiban dirutan maupun dilapas menjadi perhatian khusus bersamam, Mengingat peningkatan jumlah Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP),setiap tahunnya meningkat sehingga berisiko terjadinya kerawanan terhadap gangguan keamanan dan ketertiban  Rabu (18/06/2022).

Rumah Tahanan (Rutan) Negara Kelas II B Kotabumi Lampung Utara (Lampura) melaksanakan pengecekan teralis kamar hunian pada hari Senin (16/05) Pukul 09.00 WIB kepada warga binaan pemasyarakatan (WBP).hal ini merupakan bagian dari deteksi dini terhadap salah satu gangguan keamanan dan ketertiban (KAMTIB).

Mukhlisin Fardi, Kepala Rumah Tahanan (KRT) Negara Kelas IIB Kotabumi menjelaskan, “ini merupakan salah satu langkah deteksi dini terhadap gangguan keamanan dan ketertiban dengan cara melakukan pengecekan dan pemeriksaan teralis pada kamar hunian Warga Binaan Pemasyarakatan yang wajib kita lakukan secara berkala maupun insidentil.Ujar Mukhisin.

“Kita juga tidak akan pernah tahu apakah keadaan aman atau tidak jika kita jarang bahkan tidak pernah melakukan pemeriksaan dan pengecekan teralis di kamar hunian tersebut, oleh karena itu setiap petugas khususnya Petugas Pengamanan wajib selalu melakukan pengontrolan serta pengecekan teralis”,ungkapnya.

Kepala Pengamanan Rutan (KPR) Kelas llB Kotabumi, Ade Candra Irawan, menyampaikan “dalam pelaksanan kegiatan ini tentunya tetap memperhatikan cara-cara yang humanis,karena jangan sampai dengan adanya kegiatan ini dapat membuat keadaan menjadi tidak kondusif, ungkap Ade.

Pemeriksaan dan pengecekan teralis yang dilakukan oleh petugas dengan menyusuri seluruh kamar hunian Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) secara satu persatu dimulai dari teralis luar maupun teralis bagian dalam kamar hunian “Alhamdulillah tidak ditemukan adanya tanda-tanda adanya teralis yang rusak serta sudah keropos,kita juga akan selalu “Waspada,jelasnya.

Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Kepala Pengamanan Rutan (KPR) Ade Candra Irawan dikuti oleh Staf Pengamanan serta Regu Pengamanan Rutan Kotabumi.

Salah satu petugas pengamanan Hafis yang ikut dalam kegiatan tersebut menyampaikan bahwa kegiatan seperti ini sering kita lakukan,karena merupakan langkah sederhana tetapi memiliki manfaat yang sangat luar biasa dikarenakan jangan sampai gangguan keamanan dan ketertiban dapat muncul dari masalah teralis, tutupnya.(Ccp/Bbn)

TIDAK ADA KOMENTAR