52 Persen Masyarakat Lampura Sudah Terdaftar di BPJS

Lensa News252 views

Lampung Utara, Lensalampung.com – Badan Penyelenggara Jaminan Social (BPJS) Kesehatan Kotabumi, Lampung, terhitung sampai Agustus tahun 2016. Telah melakukan pencetakan kartu BPJS sebanyak 459.986 jiwa atau 52,3 persen. Diuraikan Fitrianda Sasmita, selaku Kepala unit hukum komunikasi publik dan kepatutan BPJS Kotabumi, keseluruhan data itu sudah termasuk masyarakat umum mulai dari tingkat bawah sampai atas.

Dari total yang ada, Penerima Bantuan Iuran (PBI) yangditanggung melalui Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) mencapai 321.750 jiwa, sedangkan Penerima Bantuan Iuran (PBI) melalui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) atau yang ditanggung pemerintah sebanyak 363.333 jiwa.

“secara keseluruhan yang sudah terdaftar semua mulai dari masyarakat bawah sampai atas (Miskin kaya), dan kita didominasi oleh peserta PBI yang ditanggung Pemerintah PBI (APBD dan APBN), dan memang belum 100 persen capaian kita.” Jelas Anda, dikonfirmasi wartawan, kamis (22/9/2016) dikantor BPJS, Kotabumi.

Sedangkan untuk perolehan data, pihaknya mendapat dari Pemerintah melalui Dinas Sosial kemudian data tersebut dirincikan dan dilakukan pencetakan. “Seluruh data yang kita terima dari Pemerintah, kita lakukan pencetakan kartunya, dan pihak BPJS hanya terima data matang melalui Dinas Sosial.” Imbuh Anda.

Terkait sosialisasi, pihaknya tidak melakukan jemput bola (turun kelapangan), namun pihaknya tetap melakukan pemberitahuan kepada masyarakat melalui rapat rapat yang diadakan Pemerintah setempat, dan jadwal yang sudah mereka (BPJS) tetapkan.

“Kalau kita untuk jemput bola masalah pendaftaran itu tidak ada, tetapi kalau sosialisai tetap rutin kita lakukan dan ada jadwalnya, terkadang kita gabung dengan Dinas setempat seperti Rakor di Puskesmas dan kecamatan itu kita diminta untuk melakukan sosialisai terkait BPJS Kesehatan. Atau kita sendiri yang melakukan itu,” pungkasnya, seraya katakan, “di Lampung Utara semua Kecamatan sudah kita lakukan sosialisi.” ujar Anda, sapaan akrabnya. (Ben)