Dari Jurnalis Kini Menjadi Tiktokers Lampung, Begini Kisah Inspiratif Herwan Acong

Lensa News1,749 views

Bandar Lampung, Lensalampung.com – Jodoh, Maut hingga rezeki dalam berkarier memang rahasia sang maha pencipta, tiada seorangpun tahu apa yang akan terjadi disetiap waktu yang akan datang untuk dilalui.

Termasuk seperti yang dialami Herwanto, pemuda asal Tiyuh (Desa) Penumangan, Kecamatan Tulang Bawang Tengah, Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba), Lampung ini.

Merintis meniti karier di kampung halaman berawal menjadi seorang penggiat jurnalistik atau wartawan, pria kelahiran 16 April, 1989 itu terus merangkak mengembangkan sayapnya.

Dengan kegigihan diiringi do’a serta restu keluarga, Herwanto hari demi hari semakin berkembang, hingga dia mencoba membangun sebuah perusahaan media yang diberi nama ‘Rumahberita’.

Kesuksesan Herwanto dalam memimpin perusahaan juga nampaknya berbuah manis, memiliki lebih dari 20 karyawan yang tersebar di setiap Kabupaten Kota hingga diluar Provinsi Lampung, media rumah berita yang semula hanya platform online, kini telah memiliki media cetak atau koran bahkan streaming televisi.

Fokus pada pekerjaan untuk menumbuhkembangkan perusahaan rupanya tidak semudah yang dirinya bayangkan, lelah, letih hingga jatuh sudah berulang dia rasakan.

Bermula iseng hanya ingin menghilangkan penat, jenuh dan lelah memikirkan upaya untuk kemajuan perusahaan media yang dipimpinnya itu, pria ini akhirnya mencoba menghibur diri dengan melakukan live streaming (siaran langsung) di sosial media.

Kemajuan zaman dan teknologi nampaknya juga memiliki peluang cuan bagi Herwanto, yang awalnya hanya iseng bermain sosial media Instagram, Facebook dan Tiktok, kini dia justru ikut berkecimpung menjadi konten kreator, yang tentunya mampu menghasilkan pundi-pundi uang.

Lantaran kerap saling sapa melalui sosial media itulah, akhirnya sekarang Herwanto dengan nama akun Tiktok Paman Acong ini masuk ditengah-tengah keluarga besar kreator lokal asal Lampung lainnya seperti Adli alias Emak Jieh, Ta’un, Mira Desiana bahkan Dide vokalis band hijau daun juga Bunda Desti pimpinan orgen tunggal Syila Musik.

Selain dengan mereka, Herwanto juga seringkali berkolaborasi bersama tim komedian Robeah asal Kabupaten Tulang Bawang dan pengacara Lampung Wily serta Ginda Ansyori Wayka.

Tentu mereka memiliki kepiawaian pada pribadi masing-masing, kolaborasi konten yang mereka lakukan pastinya menghibur dan mengedukasi para viewer atau pemirsanya.

Walau kini juga telah menjadi kreator konten, namun Herwanto mengaku tetap fokus pada keberlangsungan operasional kemajuan perusahaannya.

“Media kita Rumah Berita tetap harus berjalan maju, menjadi kreator konten juga sembari berjalan. Kita sebagai pemuda harus bisa memanfaatkan kemajuan zaman, Insyaallah kita bersama-sama saling berdoa agar bisa sukses kedepannya,” kata dia saat bincang bersama wartawan pada Sabtu, 19 Agustus, 2023.

Menurut acong, ditengah sulitnya lowongan pekerjaan saat ini, pemuda dituntut lebih mandiri dengan berkretifitas seperti dengan memanfaatkan kemajuan era digital.

“Pekerjaan sekarang memang seperti sulit dicari, tapi apa salahnya kita mencoba kreatif dengan teknologi saat ini contoh menjadi Youtubers atau bisa juga menjual karya melalui online shop dan sebagainya,” saran Herwanto.

Oleh sebab itulah, Herwanto menceritakan kisah singkat perjalanan hidupnya ini hanya bertujuan untuk memberikan motivasi kepada sesama.

“Tidak ada niat lain, semoga dengan kisah saya ini dapat menjadi motivasi sebagian orang yang mungkin membutuhkan atau bingung untuk melangkah kedepan. Yang jelas kita semua masih sama-sama berjuang demi masa depan yang cemerlang,” tandas Herwanto alias Paman Acong. (Jalal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *