Sekwan Lamsel, Syamsurijal : Pensiun Adalah Bagian Yang Tak Terpisahkan Dari Managemen...

Sekwan Lamsel, Syamsurijal : Pensiun Adalah Bagian Yang Tak Terpisahkan Dari Managemen Kepegawaian

420
0
BERBAGI

LAMSEL, Lensalampung.com – Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel), Drs.syamsurijal,.MM, secara resmi melepas Mudois Sumardi (58), salah satu stafnya yang telah memasuki masa Purna Bhakti (pensiun) di kantor sekretariat setempat, Senin (23/12/2019).

Menurut Syamsurijal, pembinaan Aparatur Sipil Negara (ASN) harus melalui beberapa proses, diawali dari rekrutmen, penempatan, pendidikan, pelatihan, tour of duty atau mutasi, promosi lalu pensiun. Seluruh rangkaian tersebut menurutnya merupakan bagian dari manajemen kepegawaian, sehingga hal itu tidak bisa dipisahkan.

“Ketika akan memasuki pensiun, kemudian dilepas begitu saja, itu ga bisa, karena itu merupakan suatu rangkaian dari manajemen kepegawaian. Oleh karena itu di institusi ada program pra pensiun yang dilakukan BKD (Badan Kepegawaian dan Diklat) bagi pegawai yang akan pensiun,” ujar Syamsurijal saat melepas salah satu stafnya yang masuk masa pensiun.

Syamsurijal juga menambahkan, hal lain yang harus diperhatikan saat pensiun adalah faktor psikologis, rutinitas bekerja yang dilakukan sejak pagi hingga sore tentu akan berbeda usai masa pensiun tiba. Maka diperlukan pelatihan pra pensiun untuk mencari dan menggali potensi lain yang dimiliki pegawai sebelum pensiun.

“Kegiatannya sesuai dengan minat dan bakat dari para pegawai tersebut, dan inilah esensinya, sehingga kantor (Sekretariat DPRD) tidak tinggal diam, misalkan teman-teman punya bakat wirausaha, maka pelatihan akan diberikan ke arah itu,” ungkapnya.

Itulah sebabnya menurut Syamsurijal, diklat pra pensiun sangat penting. Karena tidak hanya memberikan pelatihan yang berkenaan dengan keahlian untuk produktivitas saja, tapi juga menyiapkan secara psikologis mental mereka sehingga, mereka siap menghadapi masa pensiun. (HS)

TIDAK ADA KOMENTAR