DD Mesuji Meningkat 20%

DD Mesuji Meningkat 20%

734
0
BERBAGI
foto ; Net

MESUJI, Lensalampung.com – Dana Desa (DD) untuk kabupaten Mesuji meningkat sekitar dua puluh persen dari tahun sebelumnya ini telah sesuai dengan apa yang disampaikan Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi.

Eko Putro Sandjoyo mengatakan, dana desa 2017 dari APBN sebesar Rp 60 triliun. Dana desa dari tahun ke tahun terus meningkat. Pada 2015 dana desa berjumlah Rp 21,7 triliun, 2016 naik menjadi Rp 46,9 triliun.

Kemudian pada 2017 naik menjadi Rp 60 triliun. Dengan demikian,
rata-rata kenaikan sebesar Rp 20 triliun. “Sementara untuk Kabupaten Mesuji sendiri Dana Desa tersebut di tahun 2017 akan mendapat kucuran dana sebesar Rp 84.570.467.000. Meningkat sekitar dua puluh persen dari tahun kemaren yang hanya Rp65.959.833.000.-“ujar Taufiq Widodo Kepala bidang Keuangan, Pembangunan dan Aset Desa pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa Kabupaten Mesuji Selasa siang (21/2/2017).

Dimana menurut Taufiq peningkatan dana desa itu menambah program kegiatan yang harus dilaksanakan oleh desa seperti adanya Penyuluhan dalam bidang Pembinaan masyarakat dimana pada tahun sebelumnya hanya ada dua program kerja yang harus di laksanakan seperti kegiatan Pembangunan desa dan Pemberdayaan masyarakat.

“Pembangunan desa berupa pengerjaan fisik seperti drainase dan Bumdes sedangkan program pemberdayaan masyarakat. menyangkut pelatihan
kepada aparat desa serta masyarakat seperti contoh pelatihan computer bagi perangkat desa atau pelatihan jahit menjahit bagi masyarakat nah untuk tahun 2017 ini ada program baru ya itu tadi pembinaan masyarakat yang terfokus pada kegiatan sosialisasi kepada masyarakat seperti sosialisasi narkoba dan lain-lain”jelas Taufiq Widodo Kabid keuangan ini.

Dalam kesempatannya dia menyampaikan bahwa hendaknya desa pada saat membuat program kerja dapat melibatkan masyarakat yang tertuang dalam musyawarah di desa. “Sebagai hasil evaluasi di tahun 2016 ada beberapa catatan bagi desa untuk perlu di tingkatkan di tahun 2017 ini seperti pemahaman tata cara ketata usahaan administrasi keuangan serta ada kegiatan yang harus Diselesaikan tahun ini.“Tutupnya, (Randi)

TIDAK ADA KOMENTAR